Senin 28 Oct 2024 06:55 WIB

Gerindra Harap Jokowi Mau Jadi Jurkam Ahmad Luthfi-Gus Yasin

Hubungan Jokowi dan Luthfi sudah terjalin sejak Presiden RI ke-7 itu jadi wali kota.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Ahmad Luthfi mendapat dukungan keluarga besar purnawirawan TNI-Polri
Foto: Dok Istimewa
Ahmad Luthfi mendapat dukungan keluarga besar purnawirawan TNI-Polri

REPUBLIKA.CO.ID, SUKOHARJO -- Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah (Jateng), Sudaryono, berharap mantan presiden Joko Widodo (Jokowi), bersedia menjadi juru kampanye (jurkam) pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jateng nomor urut 2, Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin). Pasangan tersebut diketahui diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

"Iya berharap demikian (Jokowi jadi jurkam). Komunikasi sudah ada," kata Sudaryono ketika ditanya perihal kemungkinan Jokowi menjadi jurkam pasangan Luthfi-Gus Yasin, Ahad (27/10/2024).

Baca Juga

Sudaryono menyampaikan hal tersebut ketika berpartisipasi dalam rapat Koordinasi Pemenangan Partai Koalisi Pilgub Jateng 2024-2029 di Hotel Grand Mercure Sukoharjo. Tokoh yang kini menjabat Wakil Menteri Pertanian itu berpendapat, jika Jokowi bersedia menjadi jurkam, hal tersebut berpotensi mendongkrak perolehan suara Ahmad Luthfi-Gus Yasin.

Sudaryono mengungkapkan, dalam Pilgub Jateng 2024, koalisi partai pengusung Luthfi-Gus Yasin menargetkan perolehan suara sebesar 60 persen. Ahmad Luthfi dan Gus Yasin diketahui turut menyambut kepulangan Jokowi ke Solo pada Ahad (20/10/2024) lalu. "Saya sungkem seperti bapak kita sendiri," ujar Luthfi seusai menyambut Jokowi di kediamannya di Sumber, Solo.

Hubungan Jokowi dengan Luthfi sudah terjalin sejak Presiden RI ke-7 itu menjabat wali kota Solo. Kala itu, Luthfi adalah kapolres Solo. Pada 2020, Luthfi menjabat kapolda Jateng. Kemudian pada akhir Juli lalu, dia mendapat promosi menjadi Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan dengan pangkat komisaris jenderal atau bintang tiga.

Sejak mencalonkan diri maju dalam Pilgub Jateng 2024, Luthfi sudah beberapa kali menyinggung bahwa pencalonannya didukung oleh Jokowi dan Prabowo Subianto. Salah satu momennya adalah ketika Luthfi menghadiri rapat konsolidasi di Kantor DPW PKB Jateng di Semarang, 3 September 2024 lalu.

"Kalau kita pikir, yang mendukung kita itu besar sekali. Tidak hanya parpol, di sana ada Pak SBY Demokrat, di sana ada Pak Jokowi, dan yang akan datang ada Pak Prabowo. Di belakang kita ini merupakan suatu kesinambungan modal besar," kata Luthfi kala itu.

Dalam Pilgub Jateng 2024, Ahmad Luthfi-Gus Yasin akan menghadapi pasangan calon yang diusung PDIP, yakni Andika Perkasa-Hendrar Prihadi (Hendi).

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement