Senin 28 Oct 2024 10:47 WIB

Cara Kemenag Bolmong Wujudkan Masjid Ramah Anak

Masjid juga sebagai pusat pendidikan informal yang ramah anak.

Ilustrasi masjid ramah anak.
Foto: Tangkapan Layar/VOA
Ilustrasi masjid ramah anak.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kementerian Agama (Kemenag) Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melakukan pendampingan guna mewujudkan masjid ramah anak di kabupaten setempat.

"Kami mengadakan kegiatan pendampingan pengelola perpustakaan masjid di Masjid Almukaramah, Desa Inobonto, hal ini bertujuan mewujudkan masjid sebagai tempat yang ramah anak dengan menciptakan ruang baca dan bermain yang nyaman bagi anak-anak," kata Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Bolmong Kamsiran Yusup, di Bolmong, Ahad (27/10/2024).

Baca Juga

Kamsiran Yusup menekankan pentingnya peran masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah, namun juga sebagai pusat pendidikan informal yang ramah anak.

Ia menjelaskan, masjid ramah anak (MRA) adalah satuan masjid sebagai ruang publik untuk beribadah (mahdhah dan ghoiru mahdhah), yang dapat menjadi salah satu alternatif untuk dikembangkan menjadi tempat anak-anak berkumpul, melakukan kegiatan positif, inovatif, kreatif dan rekreatif yang aman dan nyaman, dengan dukungan orang tua dan lingkungannya.

Sasaran MRA adalah anak, orang tua, takmir masjid, dan masyarakat umum. Untuk itu, diperlukan kerja sama dari kesemuanya untuk bisa mewujudkan masjid ramah anak.

"Masjid ramah anak membantu anak-anak mengembangkan rasa cinta dan keterlibatan yang kuat pada agama mereka sejak dini," kata Kamsiran.

Dengan menawarkan lingkungan yang menyenangkan dan menarik, anak-anak akan merasa antusias untuk datang ke masjid, belajar tentang Islam, dan berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement