Senin 28 Oct 2024 23:05 WIB

Manusia Diciptakan dari Tanah? Alquran dan Hadits Buktikan Kebenarannya

Alquran dan hadits benarkan kebenaran penciptaan manusia

Ilustrasi anak. Alquran dan hadits benarkan kebenaran penciptaan manusia
Foto: Dok. Freepik
Ilustrasi anak. Alquran dan hadits benarkan kebenaran penciptaan manusia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Para ilmuwan saat ini mengkonfirmasi bahwa semua elemen yang membentuk tubuh manusia ditemukan di tanah dan inilah yang diceritakan oleh Alquran kepada kita.

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَكُمْ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ إِذَا أَنْتُمْ بَشَرٌ تَنْتَشِرُونَ

Baca Juga

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan kamu dari tanah, kemudian tiba-tiba kamu (menjadi) manusia yang berkembang biak.” (QS Rum ayat 20)

Allah SWT menciptakan setiap makhluk hidup dari air, dan para ilmuwan telah menemukan bahwa persentase air dalam struktur makhluk hidup mencapai lebih dari 70 persen.

Bayangkanlah bahwa Anda dulunya adalah bola-bola kecil yang tak terlihat dengan mata telanjang... Ini adalah gambar mikroskop elektron dari embrio berusia 48 jam.

Bagaimana bola-bola kecil dan tidak berarti (sel) ini bisa berubah menjadi seorang manusia seutuhnya? Itu adalah kuasa Tuhan Yang Maha Kuasa.

Ini adalah embrio berusia tujuh pekan. Ukurannya sangat kecil, lebih kecil dari buah ceri. Tapi ia memiliki pendengaran, penglihatan, jantung, otak, sistem pencernaan dan sistem pernapasan. Oleh karena itu, Allah SWT berfirman,

أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَاهُمَا ۖ وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ ۖ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

“Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?.” (QS Al-Anbiya ayat 30), dan Allah SWT juga berfirman:

وَاللَّهُ خَلَقَ كُلَّ دَابَّةٍ مِنْ مَاءٍ ۖ فَمِنْهُمْ مَنْ يَمْشِي عَلَىٰ بَطْنِهِ وَمِنْهُمْ مَنْ يَمْشِي عَلَىٰ رِجْلَيْنِ وَمِنْهُمْ مَنْ يَمْشِي عَلَىٰ أَرْبَعٍ ۚ يَخْلُقُ اللَّهُ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

BACA JUGA: Presiden Ramaphosa: Afrika Selatan akan Selalu Bersama Palestina

“Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.  (QS An-Nuur: 45).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement