Jumat 01 Nov 2024 14:30 WIB

BI Sebut Potensi Pasar Afrika bagi Produk Halal Indonesia

Indonesia telah sukses mengekspor produk halal ke negara-negara OKI.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Lida Puspaningtyas
Pengunjung bermain games disalah stand pada acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2024 di Jakarta Convention Center, Rabu (30/10/2024). Bank Indonesia kembali menyelenggarakan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) pada 30 Oktober hingga 3 November 2024 yang mengangkat tema Synergy of Sharia Economy and Finance in Strengthening Resilience and Sustainable Economic Growth. Diselenggarakan sejak 2014, ISEF memiliki peran penting sebagai sarana untuk mengintegrasikan dan mewujudkan ide-ide dalam inisiatif terukur yang membawa dampak positif bagi kemajuan ekonomi nasional dan internasional melalui pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.
Foto: Republika/Prayogi
Pengunjung bermain games disalah stand pada acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2024 di Jakarta Convention Center, Rabu (30/10/2024). Bank Indonesia kembali menyelenggarakan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) pada 30 Oktober hingga 3 November 2024 yang mengangkat tema Synergy of Sharia Economy and Finance in Strengthening Resilience and Sustainable Economic Growth. Diselenggarakan sejak 2014, ISEF memiliki peran penting sebagai sarana untuk mengintegrasikan dan mewujudkan ide-ide dalam inisiatif terukur yang membawa dampak positif bagi kemajuan ekonomi nasional dan internasional melalui pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia (BI) Rifki Ismal menyoroti potensi Afrika sebagai pasar yang menjanjikan bagi produk-produk Indonesia, terutama dalam sektor industri halal. Dalam konteks global, Afrika dikenal memiliki permintaan tinggi untuk produk halal dan Indonesia berada dalam posisi yang kuat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Ismal mengatakan, Indonesia telah sukses mengekspor produk halal ke negara-negara OKI. Namun, jika Indonesia fokus pada pasar Afrika, akan ada peluang baru yang belum sepenuhnya dimanfaatkan.

Baca Juga

"Kita harus menyadari bahwa Afrika memiliki populasi yang besar dan berkembang, dengan banyak negara yang mulai meningkatkan kesadaran akan pentingnya produk halal," ungkapnya di Seminar Internasional “Optimizing The Global Halal Industry Ecosystem: Leveraging Research and Innovation for Resilient Economic Growth” di Jakarta, Kamis (31/10/2024) malam.

Menurut Ismal, permintaan terhadap produk Indonesia, terutama dalam kategori makanan, minuman, dan fesyen Muslim, semakin meningkat di benua hitam. "Beberapa waktu lalu, saya berbicara dengan pejabat dari Kedutaan Somalia yang menyatakan minat untuk mengekspor sarung Indonesia. Ini menunjukkan bahwa ada ketertarikan yang kuat terhadap produk-produk kita," jelasnya.

Ismal juga mencatat keanekaragaman budaya dan preferensi di Afrika memberikan peluang bagi Indonesia untuk menghadirkan inovasi produk yang sesuai dengan selera lokal. "Dengan kreativitas dan keunggulan dalam desain, kita bisa menghadirkan produk yang unik dan menarik bagi konsumen Afrika," katanya.

Namun, untuk memanfaatkan potensi ini, Ismal menekankan perlunya strategi yang tepat. Salah satu tantangan utama adalah memahami pasar lokal dan membangun hubungan yang kuat dengan mitra dagang di Afrika.

"Kita perlu melakukan riset pasar yang mendalam dan menjalin kemitraan dengan distributor lokal untuk memasuki pasar ini," sarannya.

Digitalisasi juga dapat menjadi alat penting dalam menjangkau pasar Afrika. Ismal menyarankan agar perusahaan-perusahaan Indonesia memanfaatkan platform e-commerce untuk memperluas jangkauan mereka.

"Dengan menggunakan teknologi digital, kita dapat menjangkau konsumen di Afrika secara langsung, tanpa harus melalui saluran distribusi tradisional yang seringkali rumit," tambahnya.

Ia pun mengajak pelaku industri dan pemerintah untuk lebih fokus pada pengembangan strategi ekspor ke Afrika. "Kita memiliki banyak keunggulan yang bisa ditawarkan, dan dengan pendekatan yang tepat, Afrika bisa menjadi pasar yang sangat menguntungkan bagi produk halal Indonesia," kata dia.

Dengan menggali potensi Afrika, Ismal berharap Indonesia dapat memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam industri halal global dan memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement