REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Institut Fundraising Indonesia (IFI) mengumumkan logo baru sebagai transformasi menuju masa depan dunia filantropi yang lebih berkelanjutan dan inovatif.
"Kami melakukan rebranding tidak saja sekadar perubahan logo, namun menandai kesiapan IFI mengawal dunia fundraising di era digital," ujar Direktur IFI Sri Sugiyanti pada Selasa (12/11/2024).
Perubahan logo ini mencerminkan visi dan misi IFI yang berfokus pada sustainability, kolaborasi, serta integrasi kecerdasan buatan (AI) dalam upaya-upaya penggalangan dana modern.
"Kami percaya, dengan identitas baru ini, IFI akan semakin menguatkan perannya sebagai mitra utama bagi lembaga-lembaga yang bergerak di bidang penggalangan dana, baik di tingkat nasional maupun internasional," kata Sri.
IFI menjelaskan perubahan logo didorong semangat untuk menunjukkan kapabilitas lembaga yang terus berkembang. Filosofi logo yang menggambarkan Inisial “IFI” merupakan representasi dari Fundraising dan Indonesia.
Penggunaan huruf besar yang terlihat tegas menunjukan kekuatan dan komitmen dalam menjalankan misi sosialnya. Secara geometris yang solid menggambarkan kestabilan dalam tata kelola lembaga dengan fundraising.
Warna hijau melambangkan pertumbuhan, keberlanjutan dan kesejahteraan juga memberikan kesan modern, segar dan inspiratif sesuai dengan masa transformasi saat ini.
Penggunaan font yang bersih dan sederhana pada teks Institut Fundraising Indonesia menunjukan keterbukaan dan keterjangkauan. Ini menggambarkan bahwa institusi ini mudah diakses oleh masyaarakat luas dan menyediakan edukasi yang dapat dipahami oleh semua orang.
Perubahan logo baru ini juga diluncurkan bertepatan dengan Sidang Pleno Indonesia Fundraising Award (IFA) 2024. IFA Award merupakan ajang bergengsi bagi insan fundraising dan filantropi di Indonesia.