REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Super app besutan PT Bank Negara Indonesia Tbk atau BNI, yakni wondr menjadi salah satu game changer di industri perbankan, di tengah menjamurnya bank digital di tanah air.
Platform baru ini menyasar empat segmen utama, yaitu working professional atau karyawan baik swasta maupun negeri, emerging wealth atau lapisan masyarakat yang memiliki bisnis sendiri, wealthy achievers atau influencer maupun content creator, hingga young gen and early jobber yang melingkupi mahasiswa dan karyawan baru.
Secara demografi, ketiga fitur yang dimiliki wondr by BNI cocok dengan target market yang disasar yang cenderung digital savvy. Dengan demikian, wondr by BNI menjadi wajah baru transaksional dan digital banking BNI yang lebih mengikuti perkembangan zaman saat ini.
Setiap segmentasi memiliki kebutuhan yang dapat dipenuhi oleh super app wondr by BNI, melalui tiga dimensi di dalamnya, yaitu Insights, Transaksi, dan Growth. Ketiganya dirancang untuk membantu pengguna merencanakan dan mengelola keuangan mereka dengan lebih baik. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mencapai tujuan keuangan masa depan melalui berbagai pilihan produk investasi.
Pertama, melalui Insight, nasabah dapat memantau sekaligus menganalisis keuangan mereka sebelumnya melalui tampilan rekap keuangan yang lengkap setiap harinya. Dimensi ini memungkinkan masyarakat untuk melakukan pengelolaan keuangan yang lebih optimal berdasarkan data historis. Dengan begitu, pengguna wondr bisa memahami kondisi keuangannya saat ini dan bisa menentukan pengelolaan yang tepat.
Kedua, Transaksi, mendukung kebutuhan keuangan real-time nasabah dengan fitur seperti transfer domestik, pembayaran tagihan, dan pengaturan jadwal transfer. Setiap transaksi dapat dilakukan dalam tiga langkah sederhana dan memudahkan nasabah dalam pengelolaan transaksi harian.
Ketiga, Growth yang fokus pada pada perencanaan masa depan dengan menyediakan berbagai pilihan produk finansial yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. wondr by BNI memiliki pilihan investasi dan tabungan, yang memberikan nasabah kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara finansial sesuai kebutuhan mereka.
Dengan adanya 3 dimensi tersebut, aplikasi ini memberikan kemudahan pengelolaan keuangan yang komprehensif untuk meningkatkan kemampuan transaksi pengguna. Hal ini menjadikan wondr by BNI sebagai banking app yang relevan untuk memenuhi kebutuhan finansial setiap nasabah.
Ketiga dimensi ini juga dirancang untuk dapat beradaptasi secara intuitif dengan menganalisa kebiasaan transaksi harian masyarakat. Dengan berbagai kemudahan yang didapatkan dari wondr by BNI, nasabah bisa dengan mudah mewujudkan keinginan dan tujuan di masa depan hingga perencanaan keuangannya.
Apalagi generasi muda dan gen Z saat ini lebih sadar keuangan seiring mudahnya akses informasi yang didapatkan. Sehingga mereka pun ingin merencanakan masa depan keuangan dengan baik.
Vice President Infovesta Utama mengatakan wondr by BNI yang telah diunduh oleh dua juta pengguna menunjukan minat pada pada layanan perbankan digital, hal ini sejalan dengan demografi gen z yang masuk kedunia kerja
“Strategi memberikan layanan digital reliabel dan mudah digunakan menjadi keharusan untuk dapat bersaing dengan bank lain, BNI mampu memberikan ini, namun tentunya besarnya jumlah unduhan juga harus dibarengi dengan utilisasinya oleh pengguna,” kata Wawan.
BBNI menurutnya juga memiliki keunggulan nama dan juga banyaknya cabang sehingga lebih dikenal dan dijangkau oleh masyarakat.
“Sepanjang dapat memenuhi kebutuhan nasabah, dan juga melakukan inovasi kemudahan transaksi, investasi, pembayaran dan juga keamanan maka sangat mungkin untuk lebih diterima,” ujarnya.