Kamis 28 Nov 2024 20:35 WIB

BTN Dorong Millennial Jadi Pemilik Rumah, KPR Subsidi Jadi Andalan 

Sebanyak 75 persen debitur KPR Subsidi BTN adalah kelompok milenial.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Gita Amanda
BTN terus berkomitmen mendukung generasi milenial untuk memiliki hunian pertama melalui KPR Subsidi.
Foto: Republika/Edwin Putranto
BTN terus berkomitmen mendukung generasi milenial untuk memiliki hunian pertama melalui KPR Subsidi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) terus berkomitmen mendukung generasi milenial untuk memiliki hunian pertama melalui program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi. Hingga September 2024, KPR Subsidi BTN mencatat penyaluran sebesar Rp 172,7 triliun, tumbuh 9,5 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).  

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu menjelaskan, program KPR Subsidi menjadi solusi utama bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah, khususnya generasi muda. “Sebanyak 75 persen debitur KPR Subsidi BTN adalah kelompok milenial berusia 21 hingga 35 tahun. Ini menunjukkan bahwa kebutuhan akan rumah masih menjadi prioritas utama generasi muda Indonesia,” kata Nixon di Jakarta, Kamis (28/11/2024).  

Baca Juga

Indonesia, lanjut Nixon, masih menghadapi tantangan besar dalam menyediakan hunian yang layak. Data menunjukkan terdapat 24,6 juta rumah yang belum layak huni dan backlog kepemilikan rumah mencapai 9,9 juta unit. BTN memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan akses terhadap perumahan layak dengan menawarkan berbagai skema pembiayaan terjangkau.  

“Program KPR Subsidi kami didesain untuk mendukung visi pemerintah dalam memenuhi kebutuhan rumah rakyat, terutama melalui Program Tiga Juta Rumah. Kami memastikan generasi muda memiliki akses yang lebih mudah untuk mendapatkan hunian,” tambah Nixon.  

Selain KPR Subsidi, BTN juga melihat pertumbuhan pada segmen KPR Non-Subsidi, terutama untuk masyarakat dengan kemampuan finansial lebih tinggi. Hingga Oktober 2024, BTN telah mengoperasikan sembilan Sales Center di berbagai wilayah strategis, termasuk di kawasan premium seperti Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah, dan Cibubur.  

“Sales Center ini dirancang untuk melayani nasabah Emerging Affluent yang mencari rumah dengan ticket size di atas Rp 750 juta. Permintaan di segmen ini menunjukkan tren positif seiring dengan pertumbuhan daya beli masyarakat menengah ke atas,” jelas Nixon.  

BTN terus berinovasi untuk mempermudah akses pembiayaan perumahan melalui digitalisasi layanan dan program edukasi kepada generasi millennial. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan, mempermudah proses pengajuan KPR, dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional melalui sektor perumahan.  

“Kami optimistis KPR Subsidi dan Non-Subsidi BTN akan terus menjadi andalan masyarakat untuk memiliki rumah impian. Dengan program yang kami jalankan, kami tidak hanya mendukung generasi muda, tetapi juga memperkuat perekonomian nasional,” ujarnya.  

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement