Kamis 12 Dec 2024 14:01 WIB

Autentikasi semakin Mudah, dengan Superapps Andal by Taspen

Autentikasi adalah proses verifikasi data untuk memastikan dana pensiun diterima.

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) Persero berkomitmen untuk terus berinovasi demi memberikan kemudahan layanan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan ASN.
Foto: Taspen
PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) Persero berkomitmen untuk terus berinovasi demi memberikan kemudahan layanan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan ASN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) Persero berkomitmen untuk terus berinovasi demi memberikan kemudahan layanan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan ASN. Untuk itu, Taspen meluncurkan superapps Andal by Taspen, yang memudahkan peserta mengakses layanan secara praktis dan efisien.

Salah satu keunggulan Andal by Taspen adalah proses autentikasi yang lebih mudah. Melalui aplikasi Andal by Taspen, peserta hanya perlu melakukan swafoto untuk pencairan dana pensiun, sehingga akan lebih mudah bagi para pensiunan yang memasuki usia lanjut. Aplikasi Andal by Taspen sudah dapat diunduh gratis di AppStore dan PlayStore dan dapat digunakan untuk proses autentikasi.

Baca Juga

Untuk diketahui, autentikasi adalah proses verifikasi data untuk memastikan dana pensiun diterima oleh pihak yang berhak. Corporate Secretary Taspen, Henra, mengatakan peluncuran aplikasi Andal by Taspen adalah langkah Taspen dalam menghadirkan layanan digital yang mudah diakses, terutama bagi peserta pensiun.

"Dengan aplikasi ini, khususnya pensiunan, dapat melakukan klaim manfaat dengan lebih mudah, efisien, praktis, dan aman. Unduh aplikasi Andal by Taspen sekarang dan nikmati kemudahan klaim secara digital," katanya dalam siaran pers.

Berikut langkah-langkah untuk melakukan autentikasi melalui aplikasi Andal by Taspen:

1. Unduh aplikasi Andal by Taspen di Playstore dan Appstore.

2. Pilih menu Autentikasi pada halaman awal aplikasi Andal.

3. Input data identitas seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK),Nomor Taspen (NOTAS), atau Kartu PNS Elektronik (KPE) pada halaman autentikasi.

4. Setelah verifikasi data, peserta diminta untuk melakukan swafoto (selfie) guna perekaman data biometrik.

5. Peserta akan menerima pesan konfirmasi, “Proses Autentikasi Anda berhasil. Terima kasih Bapak/Ibu telah melakukan autentikasi bulan ini.”

Sebelumnya, melalui aplikasi Otentikasi Taspen, peserta diharuskan melakukan serangkaian gerakan badan untuk verifikasi, seperti menggelengkan atau menganggukkan kepala, mengedipkan mata, dan mengucapkan huruf 'A', sehingga inovasi verifikasi biometrik hanya melalui swafoto pada aplikasi Andal by Taspen ini diharapkan dapat lebih memudahkan para peserta. Peserta diharapkan telah melakukan perekaman data biometrik (enrollment) sebelumnya untuk mempermudah proses autentikasi dan verifikasi klaim.

Bagi peserta yang mencapai Batas Usia Pensiun (BUP) dan yang belum melakukan perekaman data biometrik di Taspen maupun mitra bayar, dapat langsung mendaftar dengan memilih opsi "Daftar" pada aplikasi Andal by Taspen dan mengikuti petunjuk yang tersedia. Fitur ini diharapkan dapat memudahkan peserta dalam melakukan verifikasi klaim dan layanan lainnya kapan saja dan di mana saja melalui ponsel pribadi, tanpa perlu meninggalkan rumah.

Henra menambahkan, Taspen mengajak semua peserta untuk mengunduh aplikasi Andal by Taspen ini dan melakukan uji coba autentikasi, sehingga saat peluncuran resmi nanti, semua proses dapat berjalan lancar tanpa hambatan. Segera unduh aplikasi Andal by Taspen dan pastikan Anda siap mengakses layanan digital dengan mudah dan tanpa masalah.

"Andal by Taspen adalah aplikasi terintegrasi dari PT Taspen (Persero) yang memudahkan peserta dalam mengajukan klaim, memeriksa kartu Peserta Taspen Digital, serta mengakses layanan Taspen Care dan fitur lainnya," ujarnya.

Inovasi ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN, Erick Thohir, untuk mengembangkan aplikasi yang ramah pengguna, memudahkan akses layanan publik, dan meningkatkan efisiensi. Kementerian BUMN mendukung penuh upaya Taspen dalam menghadirkan layanan digital yang lebih baik. Ke depan, Taspen akan terus berinovasi untuk memberikan manfaat optimal bagi peserta.

Untuk informasi lebih lanjut terkait Andal by Taspen dapat menghubungi Call Center di nomor 1500 919 dan Taspen Care yang dapat diakses melalui tcare.taspen.co.id. Taspen berupaya untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan beradaptasi dengan kebutuhan para peserta, serta menggunakan teknologi komunikasi terkini untuk terus memberikan layanan yang lebih responsif dan dapat diandalkan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement