Rabu 18 Dec 2024 14:22 WIB

Posko Nataru di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Resmi Dibuka

Posko Nataru berperan penting dalam memastikan kelancaran dan keamanan penerbangan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Sejumlah penumpang antre melakukan lapor diri di konter chek in Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (16/12/2024). Sepekan menjelang perayaan hari Natal dan juga libur akhir tahun, sejumlah warga sudah melakukan perjalan mudik dan liburan dengan pesawat terbang lebih awal untuk menghindari padatnya penumpang sehingga sulit mendapatkan kursi pesawat.
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Sejumlah penumpang antre melakukan lapor diri di konter chek in Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (16/12/2024). Sepekan menjelang perayaan hari Natal dan juga libur akhir tahun, sejumlah warga sudah melakukan perjalan mudik dan liburan dengan pesawat terbang lebih awal untuk menghindari padatnya penumpang sehingga sulit mendapatkan kursi pesawat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama Soekarno Hatta resmi membuka Posko Angkutan Udara Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Rabu (18/12/2024). Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama Soekarno Hatta, Putu Eka Cahyadhi mengatakan operasi posko akan berlangsung hingga 5 Januari 2025.

"Posko Nataru ini berperan penting dalam memastikan kelancaran dan keamanan penerbangan selama periode angkutan udara Nataru, untuk itu perlu koordinasi dan sinergi antar semua pihak," ujar Putu dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (18/12/2024). 

 

Putu menyatakan pihaknya beserta stakeholder terkait telah melakukan berbagai kesiapan maksimal dalam menghadapi lonjakan penumpang. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang yang diperkirakan mencapai 2,9 juta orang selama periode Nataru.

 

"Posko ini akan berfungsi sebagai pusat koordinasi dan komando untuk memantau situasi terkini, serta merespon dengan cepat segala bentuk permasalahan yang mungkin timbul," ucapnya.

 

Beberapa upaya yang dilakukan menurut Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama Soekarno Hatta, Putu Eka Cahyadhi, yaitu antara lain pengerahan personel gabungan sebanyak 266 personel terdiri atas TNI, Polri, Avsec, dan instansi terkait lainnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban di area bandara; optimalisasi fasilitas dan layanan penumpang, termasuk peningkatan kapasitas check-in counter, baggage handling system, dan fasilitas umum lainnya. Selain itu penguatan koordinasi antara otoritas bandara, maskapai penerbangan, ground handling, dan stakeholder lainnya untuk memastikan kelancaran operasional penerbangan dan persiapan menghadapi potensi bencana alam dan gangguan keamanan lainnya.

 

"Semoga koordinasi, sinergi dan dukungan yang kuat antar seluruh pihak menjadi kunci keberhasilan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang selama periode Nataru ini," kata Putu.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement