Ahad 29 Dec 2024 13:59 WIB

BPJS Kesehatan Klarifikasi Isu Layanan Pasien di Fasilitas Kesehatan

BPJS Kesehatan bersama fasilitas kesehatan berkomitmen memberikan pelayanan terbaik.

Pendaftaran BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan bersama mitra fasilitas kesehatan berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan terbaik. (ilustrasi)
Foto: BPJS Kesehatan
Pendaftaran BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan bersama mitra fasilitas kesehatan berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan terbaik. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menanggapi informasi yang beredar di media massa maupun di media sosial terhadap peserta JKN yang diduga kesulitan saat mengakses layanan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Kepala Humas BPJS Kesehatan, Rizzky Anugerah mengatakan BPJS Kesehatan senantiasa berkomitmen untuk memberikan penjaminan terhadap pelayanan kesehatan yang dijalani oleh para peserta, sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam Program JKN.

Rizzky membenarkan terdapat pasien peserta JKN sedang menjalani perawatan atas penyakitnya di Rumah Sakit Suyoto. Namun setelah hasil pemeriksaan, pasien tersebut membutuhkan tindakan operasi. Mengingat kebutuhan pasien akan tindakan operasi namun alat yang diperlukan untuk tindakan tidak tersedia di RS Suyoto sehingga pasien harus dirujuk ke rs lain.

Baca Juga

Rizzky mengatakan saat ini pasien telah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto menggunakan BPJS Kesehatan dan telah dilakukan tindakan operasi sesuai indikasi medis. "Perlu diluruskan tindakan operasi termasuk alat kesehatan dan bahan medis habis pakai yang dibutuhkan pasien dijamin oleh BPJS Kesehatan sesuai indikasi medis. Namun, karena ketidaktersediaan alat tersebut di Rumah Sakit Suyoto, maka pasien harus dirujuk ke rs yang memiliki alat untuk menjalani tindakan operasi tersebut. Saat ini pasien telah dirawat dan dioperasi di RSPAD Gatot Soebroto tanpa dikenakan iur biaya ," kata Rizzky.

Rizzky menambahkan pihaknya melalui petugas BPJS SATU! atau BPJS Siap Membantu yang bertugas di RSPAD Gatot Soebroto telah melakukan kunjungan langsung kepada pihak pasien. Rizzky mengatakan petugas BPJS SATU! juga senantiasa melakukan pendampingan dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pasien serta keluarganya terkait proses administratif maupun layanan medis yang sedang dan akan dijalani.

"Langkah ini dilakukan untuk memastikan kebutuhan informasi terkait akses layanan kesehatan dapat terakomodir dengan baik selama pasien menjalani perawatan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku," tambah Rizzky.

Bukan hanya itu, BPJS Kesehatan bersama mitra fasilitas kesehatan senantiasa berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta. Hal ini sejalan dengan Janji Layanan JKN yang menjadi dasar dalam memberikan pelayanan yang berkualitas, cepat, dan sesuai dengan kebutuhan medis.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap Program JKN. Apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut atau memerlukan informasi tambahan, peserta dapat melakukan kontak langsung dengan Petugas BPJS SATU! yang bertugas di rumah sakit atau menghubungi layanan BPJS Kesehatan melalui kanal resmi kami, termasuk BPJS Kesehatan Care Center 165 atau melalui Aplikasi Mobile JKN," tutup Rizzky.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
سَيَقُوْلُ الْمُخَلَّفُوْنَ اِذَا انْطَلَقْتُمْ اِلٰى مَغَانِمَ لِتَأْخُذُوْهَا ذَرُوْنَا نَتَّبِعْكُمْ ۚ يُرِيْدُوْنَ اَنْ يُّبَدِّلُوْا كَلٰمَ اللّٰهِ ۗ قُلْ لَّنْ تَتَّبِعُوْنَا كَذٰلِكُمْ قَالَ اللّٰهُ مِنْ قَبْلُ ۖفَسَيَقُوْلُوْنَ بَلْ تَحْسُدُوْنَنَا ۗ بَلْ كَانُوْا لَا يَفْقَهُوْنَ اِلَّا قَلِيْلًا
Apabila kamu berangkat untuk mengambil barang rampasan, orang-orang Badui yang tertinggal itu akan berkata, “Biarkanlah kami mengikuti kamu.” Mereka hendak mengubah janji Allah. Katakanlah, “Kamu sekali-kali tidak (boleh) mengikuti kami. Demikianlah yang telah ditetapkan Allah sejak semula.” Maka mereka akan berkata, “Sebenarnya kamu dengki kepada kami.” Padahal mereka tidak mengerti melainkan sedikit sekali.

(QS. Al-Fath ayat 15)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement