REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mencatat pergerakan penumpang. Angkanya ini mengalami peningkatan hingga tujuh persen atau mencapai 54,8 juta selama masa pelayanan 2024.
Asst Deputy Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta M Holik Muardi, mengatakan bahwa dengan capaian ini Bandara Soetta kembali mempertegas posisinya sebagai pusat konektivitas perjalanan udara tersibuk di Indonesia. "Sepanjang tahun 2024, jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 54,8 juta penumpang, mencatatkan pertumbuhan sebesar tujuh persen dibandingkan tahun sebelumnya," katanya di Tangerang, Kamis.
Sementara itu, kata Holik lagi, pergerakan pesawat meningkat sebesar empat persen dengan total 362.643 pergerakan. Pertumbuhan ini mencerminkan optimisme terhadap pemulihan sektor penerbangan di tengah meningkatnya kebutuhan masyarakat akan perjalanan udara.
Adapun untuk destinasi dengan jumlah penerbangan tertinggi sepanjang 2024 untuk rute domestik meliputi Denpasar (DPS), Kualanamu (KNO), Surabaya (SUB), Ujung Pandang (UPG), dan Balikpapan (BPN). "Sedangkan untuk rute internasional, Bandara Soekarno-Hatta menjadi penghubung utama menuju Singapura (SIN), Kuala Lumpur (KUL), Jeddah (JED), Doha (DOH), dan Hong Kong (HKG)," ujarnya.
"Kami sangat mengapresiasi kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak yang memungkinkan kami mencatatkan pertumbuhan positif. Hal ini mendorong kami untuk terus memberikan layanan terbaik dan memastikan kepuasan para pengguna jasa bandara," kata Holik.
Dia juga menyampaikan, Bandara Soekarno-Hatta saat ini terus melakukan pembenahan dan bertransformasi untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya melalui beautifikasi Terminal 3.
Langkah ini, katanya, mencakup pembaruan desain interior, penambahan layar raksasa yang menampilkan nuansa Indonesia, serta elemen estetika lainnya, seperti tanaman di area bagasi dan taman hijau, yang dirancang untuk menciptakan ambience yang nyaman bagi para penumpang.
"Dengan berbagai transformasi yang telah dilakukan, kami optimis dapat terus memberikan layanan yang lebih baik, menjangkau lebih banyak penumpang, dan mendukung konektivitas yang lebih luas, baik di tingkat domestik maupun internasional," ujarnya lagi.
Bandara Soekarno-Hatta juga terus mempersiapkan Terminal 2F Lounge Umrah guna memberikan kenyamanan maksimal bagi para jamaah. Upaya ini menjadi bagian dari komitmen untuk terus meningkatkan standar pelayanan.
"Dengan semangat yang sama, pada tahun 2025, Bandara Soekarno-Hatta optimis dapat memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik, memperkuat posisinya sebagai bandara kebanggaan Indonesia, dan mendukung pertumbuhan industri penerbangan di masa mendatang," kata dia lagi.