Rabu 29 Jan 2025 10:49 WIB

Meracik Bintang Muda Indonesia Lewat Pucuk Cool Jam

Pucuk Cool Jam mendapatkan pengakuan resmi dari Pusat Prestasi Nasional.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Qommarria Rostanti
Penyelenggaraan Pucuk Cool Jam. Pucuk Cool Jam dinobatkan sebagai pemenang kategori Entertainment Marketing to Gen Z.
Foto: Dok. Teh Pucuk Harum
Penyelenggaraan Pucuk Cool Jam. Pucuk Cool Jam dinobatkan sebagai pemenang kategori Entertainment Marketing to Gen Z.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pucuk Cool Jam (PCJ) menjadi salah satu ajang yang dinantikan anak-anak muda di Indonesia. Digagas oleh Teh Pucuk Harum, ajang pencarian bakat ini membuka kesempatan bagi siswa SMA/SMK di seluruh Indonesia untuk menunjukkan kemampuan mereka di bidang musik dan tari.

Pada edisi 2024, Pucuk Cool Jam menggelar audisi secara daring dan luring di 10 kota besar yakni Medan, Palembang, Lampung, Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Makassar, dan Balikpapan. Dalam perjalanannya, ajang ini tak hanya menjadi ruang untuk unjuk bakat, tetapi juga menjadi platform yang mempersiapkan generasi muda agar mampu bersaing di tingkat global.

“Pucuk Cool Jam bukan sekadar kompetisi, tetapi perjalanan bagi para peserta untuk mengasah kemampuan mereka hingga ke level tertinggi,” kata Sales & Marketing Director Mayora Group, Riko Sistanto di Jakarta melalui rilis kepada media, baru-baru ini.

Ajang ini, kata ia, memberikan kesempatan bagi anak muda untuk mengikuti program pembelajaran musik dan tari di luar negeri, sehingga mereka dapat mengejar mimpi terbesar mereka. “Kami ingin terus bisa berkontribusi melahirkan generasi muda yang tidak hanya berani bermimpi, tetapi juga mampu berprestasi, bersaing hingga ke panggung global dan membanggakan Indonesia,” ujar Riko.

Sejak diluncurkan pada 2016, Pucuk Cool Jam mendapatkan pengakuan resmi dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), lembaga di bawah Kementerian Pendidikan yang bertanggung jawab terhadap pengembangan prestasi pelajar Indonesia. Hal ini memperkuat kredibilitas PCJ sebagai wadah kreativitas yang berdampak nyata bagi generasi muda.

Menurut Riko, filosofi Teh Pucuk Harum yang menggunakan pucuk daun teh terbaik untuk menghasilkan cita rasa unggulan sejalan dengan visi PCJ. “Untuk menemukan potensi terbaik generasi muda, dibutuhkan waktu, proses, dan dukungan yang tepat,” ujarnya.

Komitmen Teh Pucuk Harum terhadap anak muda mendapatkan apresiasi dalam ajang Marketeers Youth Choice Award (YCA) 2025. Pucuk Cool Jam dinobatkan sebagai pemenang kategori Entertainment Marketing to Gen Z setelah melalui survei yang melibatkan lebih dari 2.000 responden Gen Z di 30 kota besar Indonesia.

Penghargaan ini diserahkan dalam acara YCA 2025 di CGV Grand Indonesia, Jakarta, pada Jumat (24/1/2025). “Kami bangga Pucuk Cool Jam menjadi bagian dari perjalanan mimpi generasi muda Indonesia dan mendapatkan pengakuan seperti ini,” ujar Riko.

CEO MarkPlus, Inc. dan Marketeers, Iwan Setiawan, menegaskan pentingnya Gen Z sebagai segmen utama bagi brand. “Gen Z adalah penggerak tren yang memengaruhi banyak keputusan pembelian, termasuk dalam keluarga,” kata dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement