Kamis 25 Oct 2018 20:58 WIB

Telkom: Kabel Fiber Optik Putus Akibat Galian

Putusnya kabel akibat penggalian yang dilakukan kontraktor PDAM.

Red: Gita Amanda
Kabel fiber optik
Foto: blogspot.com
Kabel fiber optik

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Manajer Cabang PT Telkom area Sulawesi Barat Joni Riba menyatakan, terganggunya jaringan telekomunikasi di Kabupaten Mamuju diakibatkan kabel fiber optik (FO) putus di dua titik. Putusnya kabel akibat penggalian yang dilakukan kontraktor PDAM.

"Jadi, terganggunya layanan telekomunikasi, baik dari Telkom maupun Telkomsel akibat kabel FO terputus oleh aktivitas penggalian yang dilakukan kontraktor PDAM," kata Joni Riba dikonfirmasi, Kamis (25/10).

Gangguan jaringan telekomunikasi di Kabupaten Mamuju tersebut berlangsung dua kali dalam pekan ini, yakni pada Selasa sore (23/10) dan Kamis. Pada Selasa (23/10), gangguan jaringan telekomunikasi baik milik PT Telkom maupun Telkomsel berlangsung mulai pukul 15. 45 Wita dan kembali normal pada 18. 00 Wita. Gangguan jaringan telekomunikasi di wilayah Mamuju kembali terjadi pada Kamis sekitar pukul 09. 30 Wita dan kembali normal sekitar pukul 12. 15 Wita.

"Memang, jaringan Telkomsel ikut dengan jaringan kami (Telkom). Jadi, jika kabel FO Telkom terputus maka otomatis jaringan Telkomsel juga akan terganggu," ujar Joni Riba.