REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Telkomsel meluncurkan portal LangitMusik. Ia merupkan layanan digital musik superstore yang dirancang untuk mendukung pengembangan industri kreatif di Indonesia, utamanya musik.
Untuk pengembangan layanan ini Telkomsel menggandeng 48 mitra. Terdiri dari perusahaan label rekaman dan content provider. Label yang mendukung program ini antara lain Sony Music Entertaintment Indonesia, Warner Musik Indonesia, Aquarius, Musica Studio, Indosemar Sakti, Trinity dan Nagawsara.
Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengemukakan LangitMusik merupakan salah satu wujud komitmen Telkomsel dalam mengembangkan industry kreatif di Indonesia. Dalam hal ini Telkomsel memfasilitasi para pihak yang terlibat didalamnya-perusahaan label rekaman,artis , content provider dan sebagainya agar lebih kreatif lagi.
Di sisi lain, kehadiran LangitMusik memang tidak lepas dari roadmap Telkomsel. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kata Sarwoto, telah membuka peluang terjadinya sinergi antar elemen. Misalnya, mengawinkan antara mobile content dan value added services (VAS).
Selanjutnya dikembangkan sinergi antara mobile music, VAS dengan digital bussines, hal ini antara lain diwujudkan dengan pemanfaatan mobile payment untuk mendukung layanan. ''Untuk download lagu atau video, misalya, bisa dibayar dengan layanan Telkomsel Cash,'' kata Sarwoto.
Perkembangan teknologi, infrastruktur yang dimiliki Telkomsel , aplikasi dan device (ponsel) juga menjadi salah satu factor pendorong lahirnya layanan seperti ini. Dengan teknologi, infrastruktur, aplikasi dan ponsel yang ada, pelanggan bisa melakukan download music full track.
Untuk download lagu bisa dilakukan dengan menggunakan user menu browser (UMB) *616#, WAP ke portal www.langitmusik.com/wap atau SMS ke 1616. Portal ini juga menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan pelanggan mendapatkan up date music, new release, serta search engine untuk mencari lagu yang akan di download.
Telkomsel mengutip biaya Rp 5.000 untuk setiap lagu yang di download dan dapat dimainkan kapan saja tanpa dibatasi waktu. Sementara pelanggan yang ingin menikmati lagu secara temporer selama 30 hari dikutip Rp 3.000,- Untuk pengunduhan lagu, pelanggan tidak dikutip biaya akses internet. Pembelian lagu juga bisa dilakukan dengan Telkomsel Cash.
Tahap awal ada sekitar 10 ribu lagu dari berbagai aliran music. VP Digital Music dan Content Management Telkomsel, Krishnawan Pribadi, enggan menyebutkan berapa target yang ingin diraih dari program ini. ''Tahun pertama edukasi terlebih dahulu,'' kata Krishnawan.
Ihwal kelahiran portal ini, Krishnawan membenarkan teknologi, aplikasi dan jaringan memiliki peran penting. '' Sulit mengembangkan layanan ini dengan jaringan berteknologi GPRS. Makin meluasnya layanan 3G mendukung pengembangan portal music,'' ujarnya
Untuk download musik dengan kapasitas sekitar 5 MB hanya dibutuhkan waktu sekitar satu menit saja. ''Idealnya untuk download menggunakan jaringan minimal 3G, GPRS bisa namun cukup lama,'' kata Krishnawan.
Krishnawan optimistis bahwa layanan LangitMusik akan mendapat tanggapan positif pelanggan Telkomsel, karena jaringan 3G yang dimiliki Telkomsel telah menjangku ratusan kota di Indonesia. Sementara rumpun teknologi muthakir, seperti HSDPA telah menjangkau lebih dari 50 kota dan tahun ini dipoerkirakan 24 kota telah menikmati mobile broadband berteknologi HSPA+. Red: taufik