Senin 04 Apr 2011 12:40 WIB

Pelatihan untuk 300 Anggota Tim Khusus Siaga Bencana

Red: taufik rachman
Pelatihan Terra
Pelatihan Terra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sebanyak 300 karyawan seluruh area Telkomsel di Indonesia dilibatkan dalam pelatihan tanggap bencana dalam program TERRA (Telkomsel Emergency Respons and Recovery Activity). Manajemen kendali komunikasi, posko bencana serta penyelamatan di air dan ketinggian menjadi materi wajib tiap peserta. Targetnya membangun soliditas dan kesiapan mental untuk hadapi bencana alam yang mengintai setiap waktu.

Kegiatan ARF DIREX (ASEAN Regional Forum Disaster Relief Exercise) 2011 baru saja digelar beberapa waktu lalu di Manado, Sulawesi Utara. Disusul peristiwa gempa berkekuatan 9 skala richter dan tsunami setinggi 10 meter di kota Sendai, sekitar 360 Km disebelah utara Tokyo, menjadi dua peristiwa yang mengingatkan kita pentingnya kesiapan menghadapi bencana alam.

Sebagai penyedia layanan telekomunikasi selular dan broadband paling Indonesia, sudah menjadi tugas utama Telkomsel untuk bertindak cepat memulihkan saluran komunikasi seluler. Kebutuhan tersebut tidak hanya penting bagi masyarakat lokal namun juga membantu proses penanganan serta pemulihan bencana oleh para relawan. Pentingnya program TERRA, ini membuat Telkomsel kembali menggelar pelatihan dasar tanggap bencana bagi karyawan seluruh area di Indonesia tahun ini.

Peserta yang mewakili 10 daerah yang rentan menghadapi bencana alam di Tanah Air menjadi target pelatihan ini. Menggandeng mitra Telkomsel, Gadamusa  Discovery sebagai penanggung jawab utama Pusat Komando Pengendali Lapangan. Pembekalan pengetahuan teknik distribusi logistik dalam hal ini adalah peralatan telekomunikasi darurat diberikan selama tiga hari penuh. Pelatihan dilakukan selama tiga hari penuh, dengan materi penyelamatan jaringan telekomunikasi, management posko bencana dan vertical and water rescue.

 “Telkomsel berkomitmen untuk turut membantu dan membangun bangsa Indonesia. Dengan program CSR yang berkesinambungan, kami berharap dapat membantu pemerintah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan masyarakat Indonesia. Pelatihan ini bertujuan untuk menyiapkan mental karyawan ketika menghadapi bencana alam,” lanjut Sarwoto.

Kunci keberhasilan dari seluruh aktivitas di atas adalah kerjasama tim. Pada saat itulah pondasi ini dibangun oleh instruktur terlatih sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing regu. Mulai dari penyedia infrastruktur komunikasi menggunakan Pico BTS Satelit dan sumber tenaga listrik berupa solar cell. Hingga memindahkan alat tersebut baik melewati rintangan tebing maupun air.

Seperti diketahui, tim TERRA yang tersebar di setiap Grapari Telkomsel telah terjun aktif di setiap peristiwa bencana alam. Tahun 2010 menjadi tahun penuh pengabdian TERRA kala Indonesia secara berturut dilanda berbagai musibah alam. Mulai dari banjir bandang di Wasior - Papua, tsunami di Kepulauan Mentawai – Sumatera Barat dan peristiwa meletusnya Gunung Merapi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

 TERRA turut membantu penanganan bencana di bawah kordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNPB). Selain itu TERRA juga memiliki fungsi sosial seperti melakukan bantuan sosial berupa distribusi logistik. Ikut menangani evakuasi korban bersama badan SAR maupun unsur TNI di sejumlah lokasi bencana.

Komitmen tanggung jawab social (CSR)  ini mengantarkan Telkomsel mendapatkan ‘Best CSR for Indonesia Awards 2010’ untuk kategori Mitigasi Bencana. Sebagai penyedia selular terbesar di Indonesia, dengan lebih dari 97 juta pelanggan di seluruh Indonesia, Telkomsel berkomitmen untuk terus membangun dan mengabdi untuk bangsa Indonesia, karena Telkomsel milik Indonesia dan Telkomsel Paling Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement