Selasa 11 Jun 2013 14:21 WIB

Apa Saja Yang Baru di iOS 7? (2)

Red: Yudha Manggala P Putra
iOS 7
Foto: TechCrunch
iOS 7

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple mengumumkan telah melakukan perombakan besar pada iOS 7. Perombakan itu dilakukan baik dari sisi desain juga fitur yang disematkan di dalamnya.

Sapa saja yang baru di iOS 7, berikut perubahan terbaik yang dilakukan Apple pada sistem operasi mobile terbarunya itu seperti dilansir TechCrunch, Selasa (11/6).

4. Share Foto dan iCloud

Tak hanya kamera, aplikasi Photo pun mendapat sentuhan baru. Di Camera Roll, Anda kini bisa mengatur foto menjadi "Moments", yaitu pengaturan berdasarkan lokasi dan waktu. Dengan demikian, label lokasi pun bisa disematkan di sejumlah foto yang telah Anda ambil. Tentu ini memudahkan Anda untuk membedakan lokasi saat Anda berpergian ke banyak tempat.

Hadir juga fitur "Air Drop" untuk berbagi foto dengan sesama pengguna iPhone. Caranya lebih mudah, yaitu berbagi dengan mengandalkan koneksi Wifi yang sama. Selain melihat, pengguna iPhone lain juga bisa share ke Facebook, Twitter, email, dan iCloud. Dengan kemudahan ini, Apple pun menyindir Android yang masih mengandalkan fitur NFC hanya untuk transfer foto dan penerima tak bisa share ke media sosial.

5. iTunes Radio

Sebelumnya, banyak yang menduga fitur ini akan bernama iRadio. Nyatanya Apple tetap memperkaya iTunes dengan menghadirkannya fitur Radio. Pengalaman penggunaan sama seperti layanan streaming musik Pandora. Anda bisa memainkan secara pre-loaded berdasarkan genre, atau membuat berdasarkan artis tersendiri.

Perbedaannya terletak pada hadirnya "wishlist" di favorit, dan membeli track yang ingin Anda dengarkan sesuai keinginan. Aplikasi ini gratis namun dipenuhi iklan. Tapi untuk pengguna subskripsi iTunes Match, iklan dihilangkan.

6. Siri Lebih Pintar

Asistensi berbasis suara Siri kini menguasai sejumlah bahasa baru, seperti Perancis dan Jerman, dan bahasa lain menyusul. Siri juga bisa memutar voicemail, mematikan/menyalakan Bluetooth, hingga mengatur kecerahan layar.

Selain itu aplikasi Siri juga akan terintegrasi dengan Twitter, Wikipedia, dan mesin pencari Bing. Jadi Siri dapat membacakan Anda hasil pencarian yang ada di Wikipedia, misalnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement