REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyedia konten lokal PT BrandCode Solution mengembangkan kartu lebaran digital yang bisa dikirim melalui telepon selular pintar (smartphone) maupun Blackberry.
"Kami membidik satu persen dari pengguna telepon selular (yang biasa kirim pesan singkat untuk ucapan Idul Fitri) untuk beralih menggunakan kartu lebaran digital," kata Dirut PT BrainCode Solution R Ari Sudradjat dalam keterangan persnya yang diterima di Jakarta, Sabtu (27/2).
Ia mengatakan beberapa operator terkemuka memprediksi tahun ini akan ada sekitar 3,5 miliar pesan singkat (SMS) lebaran. Telkomsel misalnya memprediksi akan ada 1,3 miliar SMS lebaran, XL sekitar 1 miliar SMS, dan Indosat sekitar 1,16 miliar SMS lebaran.
Untuk membuat konten kartu lebaran digital yang dipasarkan dengan harga Rp 2.000 itu, Ari menanamkan investasi sekitar 20 ribu dolar AS. Ia mengatakan harga kartu lebaran digital yang dipasarkan di Indonesia itu jauh lebih murah, dibandingkan konten sejenis yang dipasarkan di Malaysia dengan harga empat ringgit atau sekitar Rp 12.000.
Kartu lebaran digital itu, lanjut dia, dapat diakses melalui situs www.kartu123.com baik melalui telepon selular (ponsel) maupun internet. Berbeda dengan website kartu lebaran digital lainya yang hanya bisa dikirim melalui email, konten yang dikembangkan BrandCode, kata dia, bisa dikirim via ponsel ke ratusan bahkan ribuan teman, kerabat, dan saudara.
"Kartu lebaran digital ini kami memang didesign khusus untuk dikirim via SMS, BBM, Whatsapp, Kakao Talk, Line dan lain-lain," kata Ari. BrandCode sendiri merupakan perusahaan penyedia konten dari Indonesia dirintis sejak tahun 2004.
Perusahaan telah menjual konten, seperti game, wallpaper, dan RBT, untuk pelanggan Telkomsel, Indosat, XL, 3, Esia di Indonesia, dan juga pelanggan Maxis, Digi dan Celcom di Malaysia.