REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Facebook kembali mendandani ulang wajah situs mereka. Setelah melakukannya pada fitur news feed pekan lalu, pembaruan desain kini juga diterapkan pada Facebook Page (Halaman Facebook).
Page adalah fitur mirip blog yang disediakan untuk organisasi, bisnis, selebriti, atau merek. Halaman yang juga biasa disebut Fan Page ini bisa digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan atau penggemar, melakukan promosi atau sekadar berbagi informasi.
Facebook dalam pengumuman resmi, Senin (10/3), mengatakan perubahan desain Page terlihat pada halaman untuk pengunjung juga untuk pengelola.
Tampilannya mereka klaim lebih halus. Masih menggunakan dua kolom seperti versi terdahulu, namun kolom kanan kini digunakan untuk menampilkan timeline (kronologi) sementara kolom kiri menampilkan informasi mengenai merek atau perusahaan pemilik halaman. Pada desain sebelumnya, kedua kolom sama-sama menampilkan timeline.
Facebook juga ikut menggeser fitur "Invite Your Friends" dari sisi kanan ke kiri layar. Kotak teks untuk memuat postingan juga sudah dipindahkan dari kiri ke kanan.
Khusus bagi admin atau pengelola halaman, Anda kini bisa dengan mudah membaca informasi seputar iklan, jumlah like, dan postingan di sisi kanan atas layar. Facebook juga menggulirkan 'Pages to Watch' untuk seluruh admin. Fitur baru ini memungkinkan pengguna bisa membuat daftar berisi halaman pesaing untuk dibandingkan, misalnya dari jumlah like-nya.
Juru bicara Facebook mengatakan tampilan baru ini sudah bisa dirasakan semua pengguna yang mengaksesnya melalui web mulai pekan depan.