REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Aplikasi Goers dan Modegi dinyatakan sebagai pemenang program Indonesia Next Apps 2.0. Dua aplikasi ini selanjutnya akan berlaga di tingkat regional.
Goers merupakan aplikasi mobile dengan tema Lifestyle, yang memberikan informasi acara-acara yang bisa dimodifikasi yang juga dilengkapi dengan fitur pemesanan tiket secara online.
Sedangkan dengan mengusung tema Smart-Living, aplikasi Modegi merupakan produk (hardware) smart-home yang dapat dikontrol melalui WebApp ataupun Android App, dimana keunikan dari produk Modegi ini yaitu dapat berinteraksi dengan peralatan elektronik rumah tangga.
Indonesia Next Apps 2.0 menjaring 10 aplikasi finalis dengan tema Internet of Things (IoT)-based Smart Living, Lifestyle, Health Services, dan On-Demand Economy Services di tahap awal. Dari 10 finalis ini ditetapkan dua pemenang.
Kedua pemenang ini akan mendapatkan hadiah total sebesar 20.000 dolar Singapura. Dua aplikasi itu berkesempatan mengikuti program mentorship Singtel Group-Samsung Regional Mobile App Challenge di Singapura, sebagai persiapan sebelum dilakukan pitching pada Grand Final pada bulan Desember 2015 di Jakarta.
Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Marina Kacaribu mengatakan dengan diwakili oleh kedua aplikasi tersebut, pihaknya ingin menunjukkan bahwa start-up di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dan mampu bersaing di level internasional. ''Selain itu, kami berharap kompetisi ini dapat menyebarkan semangat kepada para developer lokal untuk terus berinovasi dan menciptakan peluang di pasar yang lebih luas," kata Marina.
Direktur Software dan R & D Samsung Reseach Institute Indonesia, Risman Adnan mengatakan, Samsung sebagai pemimpin pasar dalam penjualan smartphone selalu memberikan dukungan kepada pengembang lokal agar dapat mengoptimalkan aplikasinya sehingga berjalan lebih sempurna menggunakan berbagai layanan SDK (software development kit) Samsung.
''Melalui kompetisi ini, bekerjasama dengan Telkomsel, kami berharap akan hadir lebih banyak lagi aplikasi yang inovatif dan dapat diterima dengan baik oleh pasar,” kata Risman.
Indonesia Next Apps merupakan sebuah kompetisi yang bertujuan untuk mengidentifikasi para developer lokal Indonesia yang inovatif dan mempercepat pengembangan developer tersebut dalam mendapatkan akses sampai ke tingkat regional. Roadshow Indonesia Next Apps 2.0 telah diadakan di 2 kota, yaitu di Jogjakarta (Jogjakarta Digital Valley) dan Bandung (GraPARI Digilife Dago) pada bulan Agustus 2015 yang lalu.
Pada proses penjurian, para developer dan aplikasi dipilih berdasarkan kegunaan, design antar muka dan cara penggunaan, potensi konsumen, ide dan konsep dari layanan, rencana pengembangan tahap selanjutnya, implementasi SDK dari Samsung dan Telkomsel serta design dan implementasi teknis (usability, UI/UX Design, Functionality, Potential Market, Idea/Concept, Future Development, Problem Solving, Samsung SDK Implementation dan Technical Architecture).
Di akhir program, pemenang dari Singtel Group-Samsung Regional Mobile App Challenge akan menerima hadiah uang tunai sebesar 10,000 dolar Singapura, dan mendapatkan Marketing Support baik dalam skala lokal maupun regional sehingga aplikasi atau layanan tersebut bisa mendapatkan eksposur kepada lebih dari 550 juta pelanggan Singtel Group di lebih dari 25 negara.