Selasa 27 Oct 2015 07:11 WIB

Apple Kampanyekan Anti Bullying Lewat Emoji

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Dwi Murdaningsih
Emoji anti bullying di Apple
Foto: Daily mail
Emoji anti bullying di Apple

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Emoji mata yang membuat penasaran di terlihat di pengembang iOS 9.1 telah dikonfirmasi sebagai ikon anti-imidasi. Apple bermitra untuk membentuk kampanye yang disebut 'I Am A Witness' untuk menarik perhatian terhadap pelecehan dan siber bully-ing di situs dan aplikasi.

Seperti diberitakan Daily Mail, emoji yang terlihat seperti mata juga tersedia untuk ponsel dan tablet Android. Kampanye ii dijalankan oleh koalisi non profit yang meliputi media, lembaga pemerintah AS dan mitra teknologi.

Selain emoji yang sedang diterapkan untuk keyboard iOS, pengguna juga dapat mengunduhnya secara resmi. Dengan adanya kampanye seperti ini diharapkan ketika seseorang saksi siber bullying memposting ikon mata untuk mengetahui bahwa pelecehan belum hilang.

Pendiri Emojipedia, Jeremy Burge adalah yang pertama untuk menempatkan simbol tidak biasa ini pada akhir September lalu. Hal ini menggelitik minat masyarakat karena tampaknya telah dirancang khusus oleh perusahaan teknologi dan tanpa tambahan dari Unicode Consortium, organisasi yang mengelola emoji.

Burge mengunggah gambar emoji di blog Tumblr pribadinya dan meminta pembaca mengungkapkan apa yang mereka pikir gambar itu bisa berhubungan. Tumblr pun telah diunggah ke Reddit serta dibagi secara luas di Twitter.

Tanggapan yang paling banyak adalah emoji mewakili fitur iMessage Apple sendiri. Ada pula beberapa pengguna Reddit yang bahkan membandingkan ikon dengan simbol Illuminati. Illuminati adalah kelompok rahasia abad ke-18 yang didirikan oleh Adam Weishaupt di Bavaria. Kelompok ini terdiri dari para intelektual kaya berpengaruh.

Emoji mata hanyalah satu dari berbagai simbol baru yang ditambahkan ke iOS 9.1. Tambahan baru lainnya yakni irisan keju, unicorn, taco, botol sampanye, angkat besi, kalkun, medali dan sebuah masjid. Apple iOS 9 telah diluncurkan untuk semua perangkat pada 16 September dan iOS 9.1 yang dirilis awal pekan ini.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ لَا تَغْلُوْا فِيْ دِيْنِكُمْ وَلَا تَقُوْلُوْا عَلَى اللّٰهِ اِلَّا الْحَقَّۗ اِنَّمَا الْمَسِيْحُ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ رَسُوْلُ اللّٰهِ وَكَلِمَتُهٗ ۚ اَلْقٰهَآ اِلٰى مَرْيَمَ وَرُوْحٌ مِّنْهُ ۖفَاٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرُسُلِهٖۗ وَلَا تَقُوْلُوْا ثَلٰثَةٌ ۗاِنْتَهُوْا خَيْرًا لَّكُمْ ۗ اِنَّمَا اللّٰهُ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ ۗ سُبْحٰنَهٗٓ اَنْ يَّكُوْنَ لَهٗ وَلَدٌ ۘ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ وَكَفٰى بِاللّٰهِ وَكِيْلًا ࣖ
Wahai Ahli Kitab! Janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sungguh, Al-Masih Isa putra Maryam itu adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan, “(Tuhan itu) tiga,” berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Mahasuci Dia dari (anggapan) mempunyai anak. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan cukuplah Allah sebagai pelindung.

(QS. An-Nisa' ayat 171)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement