Jumat 27 Jul 2018 22:09 WIB

Bekraf Harap Makin Banyak Startup Indonesia Ikut SXSW

Bekraf masih tetap mengusung tema Archipelageek di ajang ketiga di Austin.

Red: Yudha Manggala P Putra
SXSW.
Foto: SXSW.com
SXSW.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berharap semakin banyak perusahaan rintisan dari Indonesia berpartisipasi dalam Festival Seni Kreatif dan Teknologi South by Southwest (SXSW) pada 8-17 Maret 2019 di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (27/7), Bekraf berharap kegiatan yang diikuti ketiga kalinya ini semakin banyak perusahaan rintisan (startup) dari Indonesia berpartisipasi dengan variasi produk yang lebih beragam.

"Kami secara konsisten memfasilitasi pelaku industri ekonomi kreatif dalam melakukan pemasaran kepada target pasar. Untuk itu, Bekraf senantiasa berupaya memperkenalkan produk dan talenta kreatif tanah air hingga menjangkau pasar yang lebih luas di gelaran bertaraf internasional semacam SXSW 2019," kata Wakil Kepala Bekraf Ricky Joseph Pesik.

Bekraf tetap mengusung tema yang sama, "Archipelageek" dari terinspirasi dari filosofi Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang dapat menjadi ikon potensi bidang teknologi dan digital secara terus-menerus menginisiasi berbagai produk aplikasi digital dan kreatif revolusioner.

Selama ini, kondisi geografis Indonesia menjadi inspirasi bagi para insan kreatif tanah air dalam menciptakan karya kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Kami berharap dukungan besar dari masyarakat Indonesia, serta upaya melahirkan talenta-talenta terbaik tanah air untuk unjuk gigi dalam gelaran akbar internasional ini. Selain itu kami berharap semoga kesempatan ini memberikan peluang bagi perkembangan dan kemajuan ekonomi kreatif di Indonesia," imbuh Ricky.

Deputi Pemasaran Bekraf Joshua Pudji Mulia Simanjuntak menjelaskan tentang harapan lebih banyak perusahaan rintisan yang berpartisipasi demi membuka kesempatan serta pengalaman mengenal pasar Amerika dan dunia yang potensial untuk produk ekonomi kreatif asal Indonesia.

Menurt Joshua, melihat kehadiran wakil Indonesia di SXSW 2018 lalu, terlihat antusiasme dan ketertarikan para pengunjung yang berasal dari seluruh penjuru dunia.

"Seluruh kreatifitas, inovasi, dan karya yang tepat sasaran mendatangkan banyak pujian dan apresiasi hingga akhirnya membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak," jelasnya.

Dalam SXSW 2018, Bekraf memboyong lima perusahaan rintisan lokal yaitu Kata.ai, Mycotech, Saft7robotics, Seruniaudio, Squline, Digital Happiness, Minikino, dan Vestifarm yang juga didukung oleh Telkomsel The NextDev. 

Sementara dalam ajang tahun depan, selain membawa perusahaan rintisan lokal, Bekraf juga akan menggelar "Hello Dangdut", yaitu program pemasaran lagu dangdut agar mendunia.

Program itu telah dipikirkan dengan matang oleh Bekraf dan kurator serta seniman di musik dangdut Indonesia.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

  • 1 kali
  • 2 kali
  • 3 kali
  • 4 kali
  • Lebih dari 5 kali
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement