Rabu 10 Oct 2018 13:59 WIB

Instagram Luncurkan Teknologi Lawan Perundungan

Cara kerja teknologi kecerdasan buatan ini sama dengan penyaring spam

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Social media (Instagram). Ilustrasi
Foto: Huftpost
Social media (Instagram). Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Media sosial memberikan pemgaruh yang besar bagi para penggunanya. Bukan hanya sebagai wadah berekspresi, media sosial juga membantu dalam banyak seperti bisnis. Namun di samping memberikan manfaat positif, media sosial juga bisa berdampak negatif bagi penggunanya.

Tidak sedikit orang yang merasa dirugikan karena interaksi di media sosial. Berbagai kejahatan juga sangat cepat untuk berkembang. Salah satunya yang paling sering ditemui adalah bullying atau perundungan. 

Menanggapi hal itu, Instagram meluncurkan teknologi terbarunya yang bertujuan untuk memerangi perundungan di platform media sosial tersebut. Teknologi ini akan membantu pengguna dengan memblokir komentar tertentu yang dianggap sebagai tindakan perundungan.

Teknologi yang digunakan berupa kecerdasan buatan untuk memindai foto, dilansir dari CBS Chicago. Menurut profesor Jacob Furst dari Universitas DePaul, cara kerja teknologi sama dengan penyaring spam yang memindai kalimat atau kata-kata. 

"Artinya kita mempelajari pola. Permasalahannya, menemukan pola pada gambar lebih rumit dari pada tulisan," kata Furst.

Pertama, komputer mempelajari apa yang akan dicari. Ini bisa dilakukan dengan cara memindai foto. Sebuah gambar tertentu bisa memiliki lebih dari satu juta piksel di dalamnya, masing-masing piksel mungkin memiliki makna.

Tujuan dari teknologi ini adalah menggunakan penyaring kecerdasan buatan untuk memastikan Instagram terbebas dari perundungan digital. Teknologi ini rencananya akan segera disematkan beberapa pekan yang akan datang.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَقَدْ اَرْسَلْنَا رُسُلَنَا بِالْبَيِّنٰتِ وَاَنْزَلْنَا مَعَهُمُ الْكِتٰبَ وَالْمِيْزَانَ لِيَقُوْمَ النَّاسُ بِالْقِسْطِۚ وَاَنْزَلْنَا الْحَدِيْدَ فِيْهِ بَأْسٌ شَدِيْدٌ وَّمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللّٰهُ مَنْ يَّنْصُرُهٗ وَرُسُلَهٗ بِالْغَيْبِۗ اِنَّ اللّٰهَ قَوِيٌّ عَزِيْزٌ ࣖ
Sungguh, Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan bukti-bukti yang nyata dan kami turunkan bersama mereka kitab dan neraca (keadilan) agar manusia dapat berlaku adil. Dan Kami menciptakan besi yang mempunyai kekuatan, hebat dan banyak manfaat bagi manusia, dan agar Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)-Nya dan rasul-rasul-Nya walaupun (Allah) tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Mahakuat, Mahaperkasa.

(QS. Al-Hadid ayat 25)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement