REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tokopedia meluncurkan fitur baru Toko Member. Fitur ini merupakan program loyalitas untuk mempermudah para pengguna mendapatkan nilai tambah dalam berbelanja.
"Pada dasarnya, Toko Member itu platform loyalitas kayak biasa belanja di supermarket dapat stiker. Mirip konsep seperti itu, tapi kami bawa konsep itu online," ujar AVP of Business Tokopedia Jessica Stephanie Jap dalam temu media di Jakarta, Rabu (16/10).
Lewat Toko Member, Tokopedia ingin memberikan nilai tambah pada pengalaman berbelanja bagi setiap pengguna yang terdaftar menjadi anggota pada toko resmi. "User tinggal pilih brand yang disuka dan mereka yang biasa belanja di situ akan mendapatkan info dan tinggal registrasi," kata Jessica.
Program loyalitas Toko Member merupakan perwujudan salah satu dari tiga DNA Tokopedia, yakni focus on consumer untuk terus mempertahankan hubungan baik dengan pengguna. Menurut data internal Tokopedia, jumlah merek resmi yang bergabung dalam program loyalitas TokoMember meningkat lebih dari 170 persen sejak peluncuran pada Juli 2019.
Tokopedia pun mencatat bahwa toko resmi yang tergabung dalam program loyalitas Toko Member mengalami kenaikan penjualan lebih dari 80 persen. Tokopedia telah bekerja sama dengan lebih dari 3.400 mitra untuk menghadirkan jutaan produk pilihan berkualitas dan bermerek melalui Tokopedia, mulai dari alat-alat rumah tangga, hingga mainan dan hobi.
Terdapat lebih dari ratusan toko resmi yang tergabung dalam Toko Member dan telah menikmati beragam keuntungan dengan berpartisipasi pada program loyalitas itu. "Sebanyak 3.400 official store, angkanya terus naik setiap hari. TokoMember sekarang jumlahnya ada ratusan, harapannya semua official store bisa bergabung," ujar Jessica.