Jumat 28 Nov 2014 07:03 WIB

Mesin Cuci SHARP Dolphinwave Series Mampu Berhemat Lebih Besar

Red: Indah Wulandari
peluncuran Dolphinwave Series
Foto: seid
peluncuran Dolphinwave Series

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Permintaan pasar akan mesin cuci dua tabung berkapasitas besar yang meningkat membuat PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) meluncurkan lini terbaru dari salah satu produk unggulannya, Dolphinwave Series berkapasitas cuci 10 kilogram.

”Kami melihat bahwa minat konsumen untuk produk mesin cuci dua tabung (Twin Tub) berkapasitas di atas 8 kilogram terus tumbuh dibandingkan tahun lalu, sedangkan minat konsumen untuk mesin cuci berkapasitas kecil cenderung melemah,” ungkap Presiden Direktur SEID Fumihiro Irie, Rabu (26/11).

Di bulan September tahun ini saja, menurutnya, kontribusi mesin cuci dua tabung naik 2,8 persen dibanding bulan yang sama tahun lalu. Sementara kontribusi mesin cuci berkapasitas 8 dan 9 kilogram naik sekitar 2 persen. 

Tumbuhnya angka ini turut berkontribusi pada meningkatnya market share mesin cuci dua tabung milik SHARP dari 22,8 persen di tahun 2013 menjadi 25,2 persen di tahun 2014.

“Mengamati kondisi ini, dalam waktu dekat SHARP memproyeksikan adanya pergeseran tren konsumen ke mesin cuci dua tabung dengan kapasitas besar, dan pasar 10 kilogram akan menjadi sangat potensial ke depan,” ungkap Fumihiro.

Dengan kapasitas yang besar, lini terbaru dari Dolphinwave Series ini mampu mengakomodasi cucian sekeluarga yang banyak dan bahkan berukuran besar, mulai dari handuk, selimut, sprei, hingga bed cover dan tirai. 

Besarnya kapasitas ini juga akan menguntungkan pengguna karena waktu mencuci menjadi lebih efisien. Sebab pada umumnya keluarga di Indonesia yang memiliki empat orang anggota akan menghasilkan pakaian kotor sebanyak 12-14 kilogram dalam seminggu. Dengan mesin cuci berkapasitas 7 atau 8 kilogram, dibutuhkan sekitar 3-4 kali proses pencucian dalam seminggu.

Namun dengan mesin cuci 10 kilogram, pengguna hanya perlu mencuci 1-2 kali dalam seminggu.

”Dengan pola mencuci yang lebih efisien ini, maka kebutuhan air dan listrik konsumen pun dapat dihemat pula,” jelas General Manager Product Planning Division SEID Herdiana Anita Pisceria.

Dari hasil simulasi SHARP Corp Jepang, dalam setahun konsumen bisa menghemat penggunaan air s/d 17% dan menghemat pemakaian listrik s/d 32%. Ditambah lagi dengan konsumsi listrik model ini yang sangat hemat, untuk proses cuci hanya 275 watt dan pengeringan 110 watt.

SEID pun optimis, produk ini dapat terjual hingga sekitar 5.000 unit per bulan dan berkontribusi sebesar 6-7 persen dari keseluruhan penjualan mesin cuci dua tabung SHARP yang ditargetkan mencapai 80.000 unit/bulan. 

“Harapannya, model ini dapat meningkatkan market share mesin cuci dua tabung kami di angka 27,5 persen,” kata Herdiana.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement