Kamis 25 Feb 2016 11:32 WIB

Robot Ini Bisa Antar Belanja Online Anda

Rep: Nora Azizah/ Red: Dwi Murdaningsih
Robot kurir
Foto: CNet
Robot kurir

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Suka belanja online? Biasanya seorang kurir yang akan datang ke rumah membawa barang belanja anda. Namun di masa depan kurir tersebut akan digantikan robot, lho! Sebuah perusahaan teknologi bernama Starship Technologies mencoba membawa inovasi tersebut ke dunia. Melalui ajang Mobile World Congress (MWC) 2016 di Barcelona, Spanyol, Starship memperkenalkan si robot kurir tersebut.

Dilansir melalui laman cnet.com, robot kurir tersebut memiliki kurang lebih sembilan kamera pada tubuhnya. Fungsi kamera tersebut sebagai 'mata'. Kamera akan menjadi navigator dan menunjukkan jalan menuju tempat konsumen. Namun sayangnya, robot ini hanya bisa menempuh jarak maksimal 6 kilometer per jam.

Robot juga memiliki kapasitas bisa membawa sekitar dua sampai tiga kantong belanjaan saja. Robot ini menggunakan sistem self-driving dan semi-autonomous ketika beroperasi. Sistem tersebut menandakan, robot bisa berjalan berdasarkan perintah dari penggunanya. Perintah tersebut diberikan sebelum robot berkendara.

Starship sengaja mendesain robot kurir untuk keperluan supermarket dan bisnis lokal. Sebab, pesanan online atau delivery disinyalir akan semakin banyak di masa depan. Soal keamanan, robot ini juga dilengkapi GPS dua arah. Ada pula sensor gerakan yang bisa mendeteksi tangan jahat apabila ingin mencuri. Robot akan mengeluarkan suara keras ketika seseorang mencoba membukanya sebelum sampai di tempat tujuan.

 

baca juga: Apa Arti Huruf ‘i’ dalam Produk Apple?

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement