Selasa 08 Jun 2010 23:26 WIB

iPhone 4G, Body Lebih Langsing, Fitur Kian Menggigit

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
iPhone 4G
Foto: AP PHOTO
iPhone 4G

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Peluncuran piranti terbaru dari Apple yang paling diantisipasi pertengahan tahun ini, iPhone 4G akhirya resmi diumumkan Steve Jobs--sebagai pembicara utama--di WWDC 2010, 7 Juni kemarin. Fitur-fitur baru lebih menggigit diungkap dalam acara tersebut.

Bukan hanya fitur, desain tampilan generasi 4G ini pun sepenuhnya baru dan unik bila dibanding dengan iPhone versi pertama, iPhone 3G dan 3GS. Bisa jadi 4G adalah iPhone tertipis yang pernah ada. Lapisan pembungkus pun menggunakan baja stainless plus kaca anti gores serta layar jernih kristal untuk menghasilkan kualitas optik maksimal.

Seperti yang diharapkan, piranti tersebut memiliki kamera depan untuk melakukan obrolan video  menggunakan layanan iChat. Apa saja rincian spesifikasi yang diusung iPhone 4G?

iPhone 4G memiliki retina layar 3,5 inchi, resolusi 960 x 640 piksel, itu berarti empat kali lipat lebih tajam dari pendahulunya yang terdekat. Dengan demikian piranti tersebut mampu menghasilkan ketajaman tampilan hingga 326 piksel di setiap satu inchi layar. Kontras rasio pun cukup ciamik, 800:1 serta tak ketinggalan teknologi IP untuk warna dengan kualitas tinggi serta tampilan sudut lebar.

Steve juga memenuhi harapan loyalis iPhone dengan menanamkan kamera 5 mega piksel yang memiliki kemampuan perbesaran digital hingga 5 kali. Sebagai inti kinerja, iPhone 4G menggunakan prosesor A4. Kecepatan itu jelas jauh lebih tinggi dan tak bisa dibandingkan dengan iPhone terdahulu.

Belum cukup sampai di situ, Apple juga mendongkrak daya tahan baterai. Ketahanan baterai pun tak tanggung-tanggung, 7 jam untuk berbicara dengan koneksi 3G, 6 jam bila berselancar dengan layanan 3G dan 300 jam dalam kondisi siaga!

Hanya saja kapasitas tak seperti yang diharapkan banyak orang--di mana sebagian loyalis dan situs teknologi berspekulasi, iPhone akan keluar dengan memori hingga 80GB. Seperti pendahulunya Apple mencukupkan versi 4G dengan kapasitas maksimal 32 GB.

Namun kabar baiknya, Apple memberi bonus untuk konektivitas. iPhone 4G merupakan ponsel quad (empat) band, HSDPA/HSUPA dengan mikrofon ganda dan memiliki fitur koneksi nirkabel, 802.11n Wi-Fi.

Kejutan masih belum berhenti. Fitur keren lain dari iPhone 4G adalah Gyro-accelerometer, yang menghadirkan sensor gerakan 6 sudut, wow!

iPhone 4G juga dapat merekam video kualitas HD 720 piksel pada 30 frame per detik. Anda cukup hanya mengklik, mengarahkan hingga mendapat fokus jelas untuk mendapatkan video bagus dan untuk persoalan permak, tak perlu khawatir, iPhone memiliki kemampuan edit video

iMovie kini pun dapat diakses di semua iPhone, termasuk versi lama. Cukup perbarui OS anda ke iOS 4. Cuma, tak semua fitur dalam iMovie dapat berfungsi dalam iPhone lama. Bagi yang berminat memutakhirkan sistem operasi iPhone terdahulu, Apple menggratiskan OS terbaru yang akan dirilis pada 21 Juni mendatang.

Balik lagi ke spesifikasi iPhone 4G, piranti itu memiliki kemampuan multi tasking dengan tambahan fitur-fitur lain. Seperti 3Gs, iPhone 4G pun hadir dengan dua warna, hitam dan putih.

Soal harga, Steve tak ketinggalan mengumumkan banderol iPhone 3G. Untuk model berkapasitas 16 GB dipatok 199 dolar atau sekitar Rp2 jutaan dan 299 dolar, atau sekitar Rp3 jutaan untuk model 32 GB. Tentu saja harga itu belum termasuk layanan operator, belum lagi bila operator--seperti di Indonesia--memonopoli penjualan versi locked.

Pemesanan awal sudah dapat dilakukan hari ini. Secara resmi, iPhone 4G mulai beredar di pasaran pada 24 Juni nanti, namun khusus di lima negara, AS, Perancis, Jerman, Inggris dan Jepan. Lalu pada awal Juli, rilis ke pasar tahap kedua, iPhone akan merambah Australia, Austria, Belgia, Kanada, Singapura, Korea Selatan, Spanyol, Swedia dan Swiss.

Indonesia? Bagi anda yang berminat mesti menunggu hingga September 2010. Saat itu, iPhone akan dilempar ke 88 negara termasuk Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement