REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Samsung terus melanjutkan dominasinya di pasar smartphone Cina. Menurut laporan yang dirilis ZDNET, Selasa (28/05), perusahaan asal Korea Selatan itu mampu menjual sebanyak 12,5 juta unit smartphone di Cina selama periode bulan Januari hingga Maret 2013.
Samsung juga berhasil meningkatkan pangsa pasarnya hingga 18,5 persen, meningkat sebanyak 2,2 persen dibandingkan kuartal sebelumnya, demikian seperti dikutip dari badan survei Amerika Serikat, Strategy Analytics.
Catatan itu menjadi semakin spesial, karena ini adalah kali pertama Samsung menjual lebih dari 10 juta unit smartphone dalam satu kuartal. Apple sendiri hingga saat ini masih berada di peringkat keenam, dengan “hanya” menjual sebanyak 6,1 juta unit smartphone di negara Tirai Bambu.
LG sendiri sebagai kompatriot Samsung cuma bisa menjual hingga 100.000 unit ponsel cerdas dan menguasai hingga 0,1 persen pangsa pasar.
Pencapaian Samsung sendiri patut mendapatkan apresiasi, karena raksasa Negeri Ginseng ini mampu meningkatkan penjualan produknya hingga tiga kali lipat, dari 10,9 juta unit di tahun 2011 hingga 30,06 juta unit di tahun 2012. Pada Desember tahun lalu, Samsung juga 'merajai' pasar Cina dengan merebut 17,7 persen pangsa pasar.
Di sisi lain, Huawei yang notabene adalah perusahaan tuan rumah tetap menunjukkan persaingan ketat dengan Lenovo. Menurut data survey yang sama, Huawei berhasil menjual sebanyak 8,1 juta unit smartphone. Sedangkan Lenovo duduk manis di peringkat tiga dengan jumlah penjualan 7,6 unit. Coolpad dan ZTE hingga saat ini masih terus mengintai di posisi empat dan lima dengan penjualan 7 juta dan 6,4 juta unit smartphone.