Kamis 24 Jan 2019 02:33 WIB

Hotel Alibaba Group Miliki Robot Canggih Sebagai Pelayan

FlyZoo disebut-sebut sebagai inkubator teknologi industri perhotelan masa depan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Gita Amanda
Alibaba Grup (ilustrasi)
Foto: REUTERS
Alibaba Grup (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Hotel futuristik milik Alibaba Group Holding Ltd “FlyZoo” resmi dibuka bulan lalu untuk umum. Hotel yang memiliki 290 kamar ini memiliki robot setinggi satu meter sebagai pengantar makanan dan memberikan handuk baru.

Robot adalah bagian dari rangkaian alat teknologi tinggi yang secara drastis memotong biaya tenaga kerja hotel. Bersamaan dengan itu juga menghilangkan kebutuhan tamu untuk berinteraksi dengan orang lain.

FlyZoo disebut-sebut sebagai inkubator untuk teknologi yang ingi dijual Alibaba ke industri perhotelan di masa depan dan kesempatan menunjukkan kehebatannya dalam kecerdasan buatan (AI). Ini juga merupakan eksperimen yang menguji tingkat kenyamanan konsumen dengan bisnis tak berawak di Cina.

“Ini semua tentangg efisiensi dan konsistensi layanan karena robot tidak terganggu oleh suasana hati manusia. Kadang-kadang, kami mengatakan tidak sedang dalam suasana hati yang baik,” kata CEO Alibaba Future Hotel Management, Andy Wang, seperti yang dilansir dari Malay Mail, Rabu (23/1) lalu.