Senin 07 Mar 2016 15:23 WIB

Ini yang Perlu Anda Lakukan Ketika Identitas Anda Tercuri

Red: Dwi Murdaningsih
 Warga memilih barang menggunakan web aplikasi belanja online di Jakarta, Rabu (25/11).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Warga memilih barang menggunakan web aplikasi belanja online di Jakarta, Rabu (25/11).

REPUBLIKA.CO.ID, Pencurian data identitas merupakan suatu hal yang langka terjadi. Namun konsumen di seluruh dunia tetap merasa khawatir bahwa mereka akan menjadi korban pencurian data identitas tersebut. Apabila hal buruk di atas menimpa Anda, ada beberapa cara mudah dan sederhana untuk membantu anda tetap percaya diri dan aman dalam bertransaksi elektronik. Berikut ini tips dari Master Card:

Hubungi bank anda, secepatnya

Jika anda mencurigai adanya aktivitas dalam catatan rekening atau merasa detil kartu anda tercuri, yang paling penting untuk dilakukan ialah menghubungi bank anda secepatnya untuk melaporkan kejadian tersebut. Sampaikanlah informasi sebanyak mungkin dan mereka akan bekerja sama dengan anda untuk melacak apakah telah terjadi aktivitas penipuan dan segera menghentikannya.

Semakin cepat anda melakukannya semakin baik, karena hal tersebut akan memberi kesempatan lebih besar kepada anda untuk mendapatkan kembali uang anda jika telah terjadi penyalahgunaan. Pada instansi-instansi tertentu, bank yang mengeluarkan kartu akan menganjurkan anda untuk melaporkan pencurian/penipuan tersebut kepada pihak berwajib. Apabila Anda telah mengajukan laporan, ingatlah untuk menyimpan salinan dari laporan tersebut untuk file Anda.