Kamis 19 May 2016 13:32 WIB

Sambut Ramadhan Telkomsel Klaim Jaringan dalam Kondisi Prima

VP Network Quality Management, Hanang Setyoharjo
VP Network Quality Management, Hanang Setyoharjo

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Menjelang Ramadhan secara keseluruhan jaringan Telkomsel di jalur utama mudik diklaim dalam kondisi prima. Telkomsel juga tengah melakukan peningkatan kapasitas pada semua elemen jaringan.

Guna mengetahui kondisi riil jaringan, Telkomsel melakukan Network Drive Test atau Uji Coba Jaringan bersama media untuk memastikan kesiapan jaringannya jelang Ramadhan dan Lebaran 1437 H.

''Uji coba tidak hanya di lakukan di Jawa saja, namun juga pulau-pulau lain termasuk pemantauan jaringan di sepanjang jalur kereta api di Jawa. Total uji jaringan dilakukan sepanjang 10.921 Km,'' kata VP Network Quality Management, Hanang Setyoharjo di Semarang, Kamis (19/5).

Menurut hanang ji coba dilakukan di jalur Jakarta - Semarang dan Surabaya - Semarang, jalur kereta api di Jawa, jalur Balikpapan-Samarinda, jalur Makassar-Pare-pare. ''Kesiapan jaringan di jalur mudik di pulau Jawa dalam kondisi prima,'' kata Hanang.

Telkomsel juga telah mengidentifikasi sebanyak 809 hotspot atau POI (Point of Interest) yang meliputi Bandar Udara, Terminal Bus, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, dan Mal, dimana lokasi-lokasi tersebut diprediksi akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi di masa Ramadhan dan Lebaran.

Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi tersebut, Telkomsel akan menyiagakan sebanyak 76 unit COMBAT (COmpact Mobile BAse sTation) untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data.

Hasil Network Drive Test 2016 Jakarta - Semarang sepanjang 450 km tercatat CSSR 99.48 persen, CST 5.75 s, CCSR 98.96 persen, MOS 98.46 persen, Data Throughput 9023 kbps.

''Untuk layanan 4G, Hasil Network Drive Test di jalur Jakarta - Semarang memperlihatkan kekuatan dan kualitas sinyal 4G Telkomsel secara umum baik. Hal ini ditunjukkan dengan angka RSRP -84.73 dBm dan SNR 11.69 dB,''kata Hanang.

Sementara kualitas layanan data 4G yang salah satunya diukur melalui pengunduhan berbagai file dengan kapasitas 100 MB hingga 1 GB menunjukkan hasil yang baik, di mana angka rata-rata HTTP Throughput 13.27 Mbps dengan Maximum Throughput 62.17 Mbps.

Sementara itu hasil rute Surabaya - Semarang sepanjang 315 km juga memperlihatkan kesiapan jaringan Telkomsel. Di sepanjang rute terdapat total sebanyak 735 BTS (90 BTS 4G, 361 BTS 3G dan 284 BTS 2G) yang akan melayani pelanggan. Adapun angka rata-rata yang diperoleh dari hasil Drive Test adalah sebagai berikut: CSSR 98.95 persen, CST 5.24 s, CCSR 98.43 persen, MOS 99.54 persen, Data Throughput 8300 kbps.

Sedangkan untuk layanan 4G di jalur Surabaya - Semarang juga memperlihatkan kekuatan dan kualitas sinyal 4G Telkomsel secara umum baik. Angka RSRP -86.18 dBm dan SNR 8.76 dB. Sementara angka rata-rata HTTP Throughput 11.65 Mbps dengan Maximum Throughput 63.47 Mbps.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement