REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyambut akhir tahun dan musim belanja, Instagram menambah tiga fitur baru. Fitur ditujukan untuk berbelanja dan akun bisnis di platform berbagi konten.
"Hari ini, kami umumkan tiga cara baru untuk melihat produk, belanja merk favorit dan inspirasi belanja lewat Instagram, menjelang liburan," kata Instagram dalam keterangan tertulis yang dimuat di blog resmi mereka, dikutip Jumat (16/11).
Berikut ini adalah fitur-fitur belanja terbaru di Instagram:
Belanja dari video
Saat menonton video dari sebuah akun bisnis di Feed, pengguna bisa mengetuk ikon Belanja atau Shopping di pojok kiri bawah untuk melihat produk-produk yang ada di konten tersebut.
Simpan gambar
Ketika menemukan barang yang disukai saat melihat-lihat konten, pengguna bisa menyimpannnya di koleksi Shopping dan melihatnya kembali jika mau. Pengguna bisa mengetuk ikon Simpan atau Save di Stories atau Feed, letaknya di pojok kanan bawah.
Gambar akan disimpan ke koleksi Shopping, sama seperti koleksi lainnya. Shopping dapat diakses lewat profil.
Belanja di akun bisnis
Instagram merancang ulang tab Shop atau Belanja di akun bisnis untuk mempermudah melihat produk yang dipajang. Ketuk tombol "Shop" di akun bisnis untuk melihat produk, termasuk unggahan yang memuat produk tersebut.
Instagram terus memperbarui fitur berbelanja di platform mereka, September lalu, mereka membuat stiker produk di Stories agar pengguna bisa mendapatkan informasi seputar produk yang ditampilkan di konten.
Pengguna juga bisa melihat kanal berlanja di Explore untuk membeli barang dari merk yang diikuti maupun merk lainnya.