Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

15 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Generasi Muda Diminta Berpartisipasi dalam Transformasi Digital

Kamis 21 Jul 2022 11:16 WIB

Red: Qommarria Rostanti

Generasi muda diharapkan memiliki kualitas dan kompetensi digital supaya bisa berpartisipasi dalam transformasi digital global.  9ilustrasi)

Generasi muda diharapkan memiliki kualitas dan kompetensi digital supaya bisa berpartisipasi dalam transformasi digital global. 9ilustrasi)

Foto: Antara/Fikri Yusuf
Pemerintah saat ini mempercepat pembangunan infrastruktur digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Pate mengharapkan generasi muda memiliki kualitas dan kompetensi digital supaya bisa berpartisipasi dalam transformasi digital global. Dia mengatakan, digital native dan generasi milenial Indonesia besar jumlahnya.

"Caranya kita harus fokus untuk membangun ruang digital dengan meningkatkan SDM digital kita, khususnya generasi milenial dan generasi Z," kata Johnny saat sidang ketiga Digital Economy Working Group (DEWG) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, dalam siaran pers, diterima Kamis (21/7/2022).

Baca Juga

Pemerintah saat ini mempercepat pembangunan infrastruktur digital agar lebih merata. Dengan begitu, Indonesia diharapkan bisa tinggal landas (take off) secara digital. "Kita membangun semuanya, ya saat ini sudah jauh lebih baik dari sebelumnya bisa menjangkau secara nasional. Mudah-mudahan di akhir pemerintahan kabinet Indonesia Maju, Indonesia itu siap tinggal landas. Tinggal landas dari sisi digital," kata Johnny.

Pemerintah, kata Johnny, tidak hanya membangun infrastruktur digital, tapi juga berupaya mengembangkan kerja sama global, salah satunya melalui forum internasional seperti DEWG G20. Pembahasan dalam forum internasional menurut Menteri Johnny adalah upaya untuk menyiapkan tata kelola bagi generasimasa depan.

"Pembangunan infrastruktur digital, pertemuan G20, pembahasan materi dan prioritas isu-isu Digital Economy Working Group adalah untuk generasi kini dan generasi masa depan Indonesia," kata Johnny.

Menurut sang menteri, pertemuan ketiga DEWG ini sudah melibatkan generasi muda supaya bisa membangun kesadaran dan menghubungkan mereka dengan dunia digital dan pengambilan kebijakan. "Secara simbolik, anak-anak milenial, kita ikut sertakan, diperkenalkan. Hari ini ada tiga perwakilan dari Sekolah Menengah Atas di wilayah Manggarai, Labuan Bajo, dan Ruteng. Siswanya ambil bagian dalam penyelenggaraan DEWG. Saya kira untuk mereka ini satu pengalaman yang bagus," kata Johnny.

Menurut Johnny, pelibatan generasi muda dalam perhelatan internasional, terutama yang membahas mengenai digitalisasi merupakan salah satu langkah nyata membuka peluang agar generasi milenial ambil bagian dalam akselerasi transformasi digital.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile