Jumat 19 Aug 2022 11:59 WIB

Kolaborasi TokoMall dan Garuda Kencana Kreasikan Batik NFT untuk Amal  

Karya NFT ini merupakan koleksi pertama dari Garuda Kencana.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Batik NFT.
Foto: Dok. Web
Batik NFT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam semangat HUT ke-77 RI, TokoMall sebagai marketplace non-fungible token (NFT) di Indonesia berkolaborasi dengan Garuda Kencana meluncurkan Batik NFT.

“Kami hadirkan tradisi budaya masyarakat serta bangunan sejarah Indonesia dengan sentuhan atribut NFT dan kripto dalam karya kolaborasi ini," kata Yos Christian Addyputra, Founder & Owner Garuda Kencana Batik seperti dilansir dari Antara, Jumat (19/8/2022).

Baca Juga

"Harapannya bisa relevan dengan pertumbuhan teknologi dengan mengenalkan nilai kebudayaan Indonesia melalui karya NFT yang sangat modern. Di sisi lain NFT juga lebih memberikan kepastian di sisi copyright bagi kreator," kata dia menambahkan.

Thelvia Vennieta selaku Head of TokoMall mengatakan, seiring dengan semangat kemerdekaan, kolaborasi ini menjadi bagian dari misi pihaknya mendukung kreator dan budaya Indonesia tampil di kancah global melalui platform NFT marketplace.

Ia berharap kolaborasi itu dapat menonjolkan kekayaan budaya Indonesia dalam karya NFT yang dapat dikoleksi dengan harga terjangkau.

"Hasil kolaborasi ini juga akan diberikan kembali untuk komunitas seni melalui kegiatan amal yang bekerjasama dengan TokoCare dan BenihBaik," kata Thelvia.

Adapun proses distribusi donasi akan dilakukan TokoCare bersama BenihBaik. Hasil penggalangan dana akan digunakan untuk membantu komunitas anak-anak usia menengah ke atas di Bali untuk mendapatkan pelatihan lukis digital, pengenalan tentang NFT dan kripto, juga melakukan pameran karya mereka di TokoMall.

Karya NFT ini merupakan koleksi pertama dari Garuda Kencana yang tersedia sebanyak 88 seri dengan nilai Rp 250 ribu. Koleksi itu dapat diakses di platform TokoMall dalam kategori TKO Lifestyle.

Kolektor yang memiliki NFT itu akan mendapat kesempatan untuk mengakses koleksi NFT kedua dari Garuda Kencana hingga mengikuti undian untuk memenangkan kain batik tulis senilai Rp5 juta untuk satu orang pemenang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement