Ahad 12 Mar 2017 10:14 WIB

Ups, Studi Sebut Perempuan Cenderung 'Berkompetisi'

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Perempuan tengah bekerja
Foto: Womanitely
Perempuan tengah bekerja

REPUBLIKA.CO.ID, Novelis Nigeria Chimamanda Ngozi Adichie pernah menuliskan hal mencengangkan namun ada benarnya soal wanita. Menurut ia, dunia membesarkan para gadis untuk melihat satu sama lain sebagai pesaing mendapatkan perhatian pria, alih-alih dalam pekerjaan atau prestasi.

Hal tersebut diuji dalam studi terkini yang telah dipublikasikan Psychological Research. Peneliti Amelia Cundall dan Kun Guo dari Universitas Lincoln, Inggris, mencoba meneliti sudut pandang perempuan terhadap perempuan lain.

Mereka menggunakan teknologi sensor mata untuk menganalisis 33 perempuan heteroseksual, sehat, dan percaya diri. Para partisipan dihadapkan pada 56 gambar komputer perempuan lain dengan berbagai bentuk tubuh, usia enam sampai 18 tahun, yang mengenakan aneka model pakaian.

Peserta studi diminta memberi nilai tingkat kemenarikan dan menebak ukuran pakaian wanita pada gambar. Mereka juga diminta memeringkat seberapa puas mereka dengan kondisi diri sendiri mulai dari wajah sampai kaki, serta menjawab pertanyaan tentang seberapa sering mereka membandingkan penampilan dengan orang lain.