Senin 21 Aug 2017 11:18 WIB

Ingin Lihat Gerhana Matahari Total di Amerika? Ini Caranya

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Winda Destiana Putri
Gerhana Matahari Total.
Foto: Mashable
Gerhana Matahari Total.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerhana matahari total diprediksi akan terlihat di Amerika Serikat pada Senin (21/8) ini. Meski begitu, penduduk Bumi di berbagai belahan dunia tetap bisa menyaksikan proses gerhana matahari total ini dengan berbagai cara.

Siaran NASA

NASA dan beberapa organisasi yang berfokus pada luar angkasa berencana untuk menyiarkan proses gerhana matahari total yang terlihat dari Amerika Serikat secara gratis. NASA akan menyiarkan proses gerhana matahari total ini secara langsung pada 12.00 Eastern Time hingga 16.00 Eastern Time.

Siaran gerhana matahari total dari NASA ini akan dilakukan dari 12 lokasi berbeda di Amerika Serikat. Tak hanya dari lokasi berbeda, NASA juga akan menggunakan 57 buah high-altitude balloon, pesawat penelitian dan teleskop untuk mengabadikan penampakan gerhana.

Di samping itu, NASA juga akan menyiarkan tayangan web lain melalui NASA EDGE pada 11.45 Eastern Time hingga 16.00 Eastern Time dari Carbondale di Illionis. Tayangan ini memungkinkan siapapun untuk menyaksikan gerhana matahari total secara penuh selama 2 menit 38 detik.

Penduduk Bumi dari belahan dunia manapun, termasuk Indonesia, bisa menyaksikan siaran langsung dari NASA ini di Ustream dan beragam channel media sosial NASA termasuk Facebook. Siaran web NASA EDGEjuga bisa disaksikan melalui Ustream dan Facebook Live.

Virtual Reality dari CNN

Jika pengalaman menyaksikan gerhana matahari total yang ditawarkan NASA masih belum cukup, CNN memberikan opsi lebih 'wah'. Bekerjasama dengan Volvo, CNN akan menampilkan gerhana matahari melalui sudut 360 derajat. "Livestream ini akan diperkaya dengan grafis real time, tampilan close up matahari dan para ahli dari komunitas sains juga bergabung untuk menjelaskan fenomena ini," ungkap CNN melalui pernyataan resmi seperti dikutip Mashable.

Augmented Reality dari The Weather Channel

The Weather Channel juga akan menyiarkan gerhana matahari total sejak 06.00 Eastern Time. Beberapa koresponden ahli meteorologi seperti Jim Cantore dan Stephanie Abrms akan melakukan siaran langsung dari Illinois dan Oregon untuk memandu proses gerhana.

Weather Channel akan melakukan siaran langsung dari Total Eclipse Cruise di Atlantik. Siaran langsung ini bisa disaksikan secara langsung melalui akun Twitter The Weather Channel di siang hari waktu setempat. 

Channel Televisi Luar Negeri

Pelanggan layanan televisi berbayar juga bisa menyaksikan siaran langsung gerhana matahari total di Amerika ini melalui beberapa stasiun televisi luar negeri seperti NBC News dan ABC. Stasiun televisi NBC News akan menyiarkan tayangan spesial khusus mengenai gerhana matahari sepanjang hari. Sedangkan ABC akan menayangkan gerhana secara langsung pada pukul 13.00 Eastern Time sampai 15.00 Eastern Time.

Selain melalui tayangan televisi, NBC juga menyiarkan tayangan gerhana secara penuh melalui laman resmi NBC News. Hal yang sama juga dilakukan ABC melalui laman resmi mereka.

Secara Langsung

Menyaksikan gerhana secara langsung tentu lebih menyenangkan. Gerhana matahari bisa disaksikan oleh siapapun secara langsung di Amerika Utara. Sedangkan gerhana matahari total bisa disaksikan secara langsung oleh orang-orang yang berada di wilayah Oregon hingga South Carolina.

Gerhana matahari bisa terlihat dengan jelas jika kondisi langit cerah. Kacamata khusus gerhana atau alat pengaman lain perlu digunakan untuk menyaksikan gerhana matahari secara langsung.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement