Rabu 20 Sep 2017 10:03 WIB

Dubai Perluas Taman Surya Hingga 5 Ribu MW

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Taman surya di Dubai
Foto: Digitaltrens
Taman surya di Dubai

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Dubai akan semakin meluaskan isi Mohammed bin Rashid Al Maktoum Solar Park. Perluasan itu akan mencangkup hasil daya yang bertambah hingga 700 megawatt.

Pembangunan tambahan akan memberi tenaga untuk menghasilkan 5.000 megawatt pada tahun 2030 setelah konstruksi selesai. Setelah pembangunan, taman solar itu akan mencakup sekitar 83 mil persegi, dan mampu mengurangi emisi karbon sebesar 6,5 juta ton per tahun.

Pusat fasilitas tersebut pun akan berdiri sebuah menara surya seluas 260 meter yang sangat besar. Bahkan bangunan tersebut akan menjadi yang tertinggi di dunia, dikutip dari Digitaltrens, Rabu (20/9).

Tawaran untuk mengembangkan tahap keempat proyek diberikan ke sebuah konsorsium yang terdiri dari ACWA Power Arab Saudidan Shanghai Electric China. "Fokus kami pada pembangkit energi terbarukan telah menyebabkan penurunan harga di seluruh dunia, dan telah menurunkan harga penawaran tenaga surya di Eropa dan Timur Tengah," kata managing director dan CEO Dubai Electricity and WaterAuthority (DEWA) Saeed Mohammed Al Tayer.