Sabtu 13 Apr 2019 17:33 WIB

Katie Bouman, Perempuan di Balik Foto Lubang Hitam Pertama

Tidak ada teleskop tunggal yang cukup kuat untuk menangkap lubang hitam.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Katie Bouman.
Foto: the guardian
Katie Bouman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama ilmuwan Amerika Serikat (AS) Katherine Louise Bouman menjadi perbicangan hangat beberapa waktu terakhir. Dia menjadi sosok yang berhasil mengembangkan algoritma dan berhasil menangkap gambar lubang hitam (black hole) untuk pertama kalinya.

Perempuan berusia 29 tahun itu memimpin pengembangan program komputer yang memungkinkan terobosan citra. Dalam foto tersebut, lubang hitam terlihat dengan rupa lingkaran cahaya berisi debu dan gas, yang diperkirakan berlokasi 500 juta triliun kilometer dari bumi.

Baca Juga

"Saya melihat dengan tidak percaya bahwa gambar  lubang hitam pertama yang saya buat sedang dalam proses direkonstruksi," ujar  Bouman yang nampak gembira menunjukkan gambar tersebut, dilansir BBC, Sabtu (13/4).

Bouman menceritakan pertama kali membuat algoritma pada tiga tahun lalu, ketika masih menjadi mahasiswa pascasarjana di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Saat itu, ia memimpin proyek yang dibantu oleh  tim dari Laboratorium Ilmu Pengetahuan dan Kecerdasan Buatan MIT, Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian, dan Observatorium Haystack MIT.