Rabu 23 Oct 2019 03:41 WIB

Mengapa Kita Sering Cepat Lupa?

Sebanyak 70 persen ingatan memudar dalam waktu 24 jam.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Nora Azizah
Ilustrasi otak manusia.
Foto: Indianexpress.com
Ilustrasi otak manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otak tentu memiliki peranan penting dalam setiap aspek kegiatan sehari-hari. Daya ingat yang akan informasi yang telah diserap akan membantu setiap orang untuk mencapai tujuan hidup yang utama.

Banyak orang ingin belajar lebih baik, lebih cepat, menyimpan lebih banyak informasi dan menerapkan pengetahuan itu pada waktu yang tepat. Namun pada kenyataannya hal tersebut sulit dilakukan karena relatif mudah bagi seseorang untuk melupakan hal tertentu.

Baca Juga

Mengutip laman The Ladders, Rabu (23/10) ada pola tertentu dalam proses lupa seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa hanya dalam satu jam, jika tidak ada yang dilakukan dengan informasi baru, kebanyakan orang akan melupakan sekitar 50 persen dari apa yang mereka telah pelajari.

Sebanyak 70 persen ingatan akan semakin pudar setelah memasuki waktu 24 jam. Informasi yang disimpan dalam ingatan akan terlupakan seluruhnya atau mencapai 90 persen dalam sepekan jika tidak ada masukan baru terkait permasalahan tertentu yang diterima.