Senin 24 Feb 2020 11:14 WIB

Astronom Temukan Bintang Kerdil yang 'Tantrum'

Astronom menemukan bintang kecil dengan ledakan energi yang sangat besar.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilmuwan menemukan bintang kerdil yang berukuran sekitar 8 persen dari massa matahari, menyemburkan
Foto: ESA via space.com
Ilmuwan menemukan bintang kerdil yang berukuran sekitar 8 persen dari massa matahari, menyemburkan

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Ilmuwan menemukan bintang kerdil yang berukuran sekitar 8 persen dari massa matahari, menyemburkan 'sinar super' sinar X yang sangat besar. Dari fenomena ini, ilmuwan menemukan fakta bahwa bintang kecil memiliki sifat seperti anak kecil. Apa itu? Sifat tantrum. Bintang kecil memiliki energi yang besar namun tidak terduga.

Ini merupakan hal yang aneh untuk diamati bagi para astronom. Astronom mengira bintang yang kecil tidak dapat menghasilkan emisi sebesar itu dalam panjang gelombang cahaya. Dilansir di Space, Senin (24/2), bintang ini sangat kecil menurut standar kosmik.

Baca Juga

Dikenal sebagai J0331-27, bintang itu adalah katai L, kategori bintang yang sangat kecil, sehingga massa setiap bintang nyaris tidak cukup untuk memungkinkan fusi nuklir.

Ledakan yang aneh itu juga luput dari perhatian selama lebih dari satu dekade setelah itu terjadi pada 5 Juli 2008. Ledakan flare ditangkap oleh XMM Newton X-ray milik observatorium Badan Antariksa Eropa (ESA) tetapi didiamkan di sebuah arsip, sampai pencarian menemukan peristiwa itu.