Sabtu 05 Jun 2021 00:50 WIB

Peneliti Sebut 19 Juta Tahun Lalu Lautan Dipenuhi Hiu

Pada 19 juta tahun lalu, jumlah hiu mencapai 10 kali lebih banyak dibanding hari ini.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi hiu.
Foto: EPA/Helmut Fohringer
Ilustrasi hiu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para peneliti mengatakan lebih dari 19 juta tahun yang lalu, lautan di dunia benar-benar penuh dengan hiu. Saat itu jumlahnya kira-kira sepuluh kali lebih banyak dari hari ini. Kini, semua hiu hampir semuanya menghilang.

Dilansir dari sciencealert pada Jumat (4/6), peristiwa kepunahan massal yang menghancurkan dan misterius ini baru ditemukan baru-baru ini melalui serangkaian penyelidikan yang tidak disengaja. Dari bukti yang dimiliki sejauh ini, masih belum jelas apa yang menyebabkan kepunahan begitu banyak spesies secara tiba-tiba.

Baca Juga

“Saya mempelajari mikrofosil gigi ikan dan sisik hiu di sedimen laut dalam dan kami memutuskan untuk menghasilkan catatan kelimpahan ikan dan hiu selama 85 juta tahun, hanya untuk mengetahui seperti apa variabilitas normal populasi itu dalam jangka panjang," kata Peneliti Paleoceanografi Elizabeth Sibert dari Universitas Yale.

Ketika tim membandingkan rasio dentikel hiu purba (penutup kulit berbentuk V kecil yang menyerupai gigi lebih dari sisik) dengan gigi ikan lain yang terkubur hingga 5.700 meter di dasar laut, mereka melihat perubahan yang jelas dalam kehidupan laut yang terjadi sekitar 19 juta tahun lalu. Sebelumnya, sampel sedimen memiliki banyak dentikel dan gigi, yang secara alami jatuh dari tubuh ikan dan mendarat di dasar laut.  Namun, setelah titik ini, hanya sepertiga dari sampel yang mengandung bukti dentikel hiu.

Pada awal Miosen, antara 16 dan 20 juta tahun yang lalu, sedimen laut terbuka berubah dari menyimpan satu fosil hiu per lima fosil ikan menjadi satu fosil hiu per 100 fosil ikan. Penurunan tak terduga dalam kelimpahan hiu ini dua kali lebih besar dari apa yang ditemukan pada peristiwa kepunahan Cretaceous-Paleogene, yang menyaksikan kematian tiga perempat dari semua kehidupan tumbuhan dan hewan sekitar 66 juta tahun yang lalu.

Dalam inti sedimen dari Pasifik Utara dan Pasifik Selatan, para peneliti menemukan bukti penurunan tajam dalam kelimpahan hiu, diperkirakan lebih dari 90 persen.  Keanekaragaman hiu yang berenang di lautan dunia juga mengalami penurunan selama periode ini, menurun lebih dari 70 persen.

Saat ini, perubahan iklim menimbulkan risiko tambahan bagi hiu, yang tidak pernah mereka hadapi sebelumnya.  Pada awal Miosen, para peneliti mengatakan iklim relatif stabil. Faktanya, pada titik ini, tidak ada gangguan yang diketahui pada ekosistem laut, itulah sebabnya mengapa ada waktu yang aneh bagi begitu banyak hiu untuk mati.

"Interval ini tidak diketahui untuk perubahan besar dalam sejarah Bumi. Namun, itu benar-benar mengubah sifat dari apa artinya menjadi predator yang hidup di laut terbuka,” kata dia.

Beberapa ilmuwan memperingatkan hilangnya hiu telah meninggalkan lubang yang menganga dan terus tumbuh dalam kehidupan laut. Jika dapat mengetahui apa yang terjadi kira-kira 19 juta tahun yang lalu, hal itu dapat memberi tahu sesuatu tentang arah yang dituju sekarang.

"Pekerjaan ini dapat menjadi awal perlombaan untuk memahami periode waktu ini dan implikasinya tidak hanya pada kebangkitan ekosistem modern, tetapi juga penyebab runtuhnya keanekaragaman hiu," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement