Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

9 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Jangan Lewatkan, Supermoon Terakhir Terlihat Malam Ini

Kamis 24 Jun 2021 05:42 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih

Bulan Supermoon. ilustrasi

Bulan Supermoon. ilustrasi

Foto: EPA-EFE/GEORGI LICOVSKI
Supermoon bulan ini juga disebut Strawberry Moon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fenomena supermoon kembali terjadi malam ini. Pada Kamis (24/6) hari ini hingga Jumat (25/6) besok, puncak fase Bulan Purnama akan berlangsung Jumat (25/6) sekitar pukul 01.39 WIB (02.39 WITA / 03.39 WIT). 

Dikutip dari media sosial Lapan, Bulan Purnama pada Juni juga sering disebut Bulan Purnama Stroberi (Full Strawberry Moon). Hal ini karena di belahan utara Bumi, buah stroberi menjadi matang dan siap untuk dipanen. 

Baca Juga

Bulan Purnama dapat disaksikan sebelum terbenam Matahari pada Kamis (24/6) dari arah timur-tenggara. Kemudian, ini berkulminasi keesokan harinya sekitar tengah malam di arah selatan dan terbenam setelah terbit Matahari di arah barat daya.

Sementara itu, dilansir NBC Chicago, menurut para astronom Bulan Purnama atau Supermoon ini menjadi yang terakhir pada tahun ini. Para astronom mengatakan Supermoon adalah bulan Purnama yang hampir bertepatan dengan perigee, titik waktu ketika bulan berada pada titik terdekatnya dengan Bumi dalam orbit elipsnya. Fenomena itu berarti bahwa bulan tampak lebih besar dan terang jika dilihat dari Bumi. 

Bulan kali ini sedikit lebih jauh dari Bumi dibanding sebelumnya, namun besar astronom masih menganggapnya sebagai Bulan Prunama. Badan Antariksa Amerika (NASA) mengatakan ada perbedaan tentang Bulan ini, yaitu rendahnya di cakrawala. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile