Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

India Mulai Uji Klinis Vaksin Covid-19 Semprot Hidung

Sabtu 27 Nov 2021 05:06 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Vaksin flu babi H1N1 diberikan melalui semprotan hidung. India mulai uji klinis fase 1 vaksin Covid-19 versi semprot hidung.

Vaksin flu babi H1N1 diberikan melalui semprotan hidung. India mulai uji klinis fase 1 vaksin Covid-19 versi semprot hidung.

Foto: EPA
India masuki uji klinis fase 1 vaksin Covid-19 versi semprot hidung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kandidat vaksin Covid-19 versi semprotan hidung yang dikembangkan ilmuwan ITC Life Sciences and Technology Centre (LSTC) telah memasuki uji klinis fase 1. Kelak, sSetelah mendapatkan semua persetujuan peraturan yang diperlukan, ITC LSTC berencana untuk memasarkan vaksinnya dengan merek Savlon.

ITC LSTC belum mengumumkan di mana uji klinis dilakukan atau di mana produksi akan dilakukan. Namun, salah satu sumber mengonfirmasi bahwa mereka akan segera menerima persetujuan dari komite etika dan terdaftar di Clinical Trial Registry-India (CTRI).

Baca Juga

Sejak merebaknya pandemi Covid-19, banyak raksasa farmasi berlomba-lomba menciptakan vaksin dan obat-obatan untuk mengatasi gempuran SARS-CoV-2. Sejauh ini, vaksin telah terbukti ampuh meringankan gejalanya.

Uji coba vaksin semprot hidung yang kemungkinan dapat mencegah infeksi SARS-CoV-2 juga sudah dilakukan di beberapa negara. Pengembangannya didasari pada logika bahwa SARS-CoV-2 memasuki tubuh manusia melalui rongga hidung dan mulut.

Untuk periode awal, virus tetap berada di hidung atau mulut sebelum kemudian berikatan dengan reseptor ACE2 kemudian masuk ke dalam sel. Angiotensin-converting enzyme-2 (ACE2) adalah enzim yang memotong protein yang lebih besar menjadi lebih kecil untuk mengatur fungsi di dalam sel.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile