Ahad 26 Jan 2014 20:30 WIB

Kedalaman Gempa Sebabkan Guncangan Terasa di Berbagai Wilayah

Rep: C30/Mas Alamil Huda/ Red: Julkifli Marbun
Gempa bumi (ilustrasi)
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gempa yang terjadi di Kebumen, Sabtu (25/1) pukul 12.14 WIB, sempat membuat panik warga di beberapa daerah. Pasalnya, gempa tersebut terasa di beberapa wilayah bahkan sampai Jakarta.

Ahli seismograf dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Prof. Bagus Jaya Santosa mengatakan kedalaman titik gempa merupakan faktor kenapa gempa yang terjadi di Kebumen hampir dirasakan di seluruh bagian wilayah Jawa. Dikatakannya, pusat gempa yang terjadi di Kebumen berada pada kedalaman 80 kilometer. Kedalaman gempa tersebut masuk dalam kategori menengah.

Bagus memaparkan, dari hasil analisanya menggunakan metode Fitting Wave Form, gempa yang terjadi di Kebumen juga 'hanya' sebesar 4,1 skala richter. Kesimpulan itu diambilnya dari hasil analisa di empat stasiun pemantau yang ada di Cisadane, Temanggung, Yogyakarta dan Pacitan.

"Besarnya 4,1 skala richter di pusat gempa. Dengan kedalaman 80 kilometer dan amplitudo bodywave-nya 20 detik," kata Doktor lulusan Stuttgart University, Jerman ini saat dihubungi Republika, Ahad (26/1).