Ahad 15 Jun 2014 12:04 WIB

Teknologi Harus Berdayakan Komunitas

Rep: EH Ismail/ Red: Muhammad Hafil
Ilham Habibie
Ilham Habibie

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Penciptaan teknologi yang didasari ilmu pengetahuan maupun pengalaman empirik sehari-hari harus mampu memberdayakan komunitas. Tanpa manfaat memberdayakan komunitas atau masyarakat penggunanya, maka kreativitas teknologi hanya akan berujung pada kepuasan individual penemunya.

“Tujuan teknologi sebenarnya adalah empowering community karena teknologi diciptakan untuk memudahkan hidup manusia,” kata Ketua Institute for Democratization of Science and Technology The Habibie Center Ilham Akbar Habibie di Yogyakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Ilham, teknologi sesungguhnya tumbuh di tengah-tengah masyarakat. Produk teknologi tidak selalu berwujud formulasi dari ilmu pengetahuan modern dan mutakhir. “Teknologi bisa tumbuh dari akar rumput berupa sebuah cara atau budaya baru masyarakat untuk membuat hidup mereka lebih mudah,” ujar Ilham.

Dia melanjutkan, teknologi berkembang dari alat-alat yang sudah ada di masyarakat kemudian mendapatkan sentuhan kreatif dari seseorang. Tujuan pengembangan teknologi tak lain agar manusia bisa mendapatkan alat yang lebih murah dan lebih andal. Pada akhirnya, teknologi terbaru menunggu sentuhan kreatif seseorang lainnya untuk terus berkembang secara berkesinambungan. Makin banyak teknologi yang diciptakan, maka makin mudahlah kehidupan seseorang.