REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pagi hari, pukul 7 sebelum beraktivitas, menjadi waktu para pengguna layanan musik streaming mendengarkan lagu favorit mereka. Berdasarkan data internal JOOX, Direktur Senior Tencent Benny Ho menyatakan ada perbedaan waktu puncak mendengarkan musik antara hari kerja dan akhir pekan.
Meskipun hampir sama banyaknya pengguna JOOX yang mendengarkan musik pada pukul 7 pagi, pada akhir pekan, grafik mendengarkan musik terus naik setelah pagi hari hingga mencapai puncak pada pukul 10 siang. Frekuensi mendengarkan musik turun perlahan mulai pukul 12 siang dan hampir stabil hingga pukul 19.00.
Grafik kembali naik selepas pukul 20.00 hingga pukul 22.00, puncak waktu paling sering digunakan untuk mendengarkan musik, baik saat hari kerja maupun akhir pekan. Sementara itu, jenis musik yang paling banyak didengarkan adalah pop (81,4 persen), disusul RnB (34,9 persen) dan musik jazz sebanyak 34,1 persen.
Pengguna JOOX umumnya mengakses dari ponsel (98,4 persen), baik platform Android (78 persen) maupun iOS (20 persen). Hanya 2 persen pengguna yang mendengarkan musik melalui website. Rata-rata pengguna menghabiskan 72 menit untuk mendengarkan musik di layanan tersebut, dikutip laman Antaranews.