RES :Array
(
    [page] => 1
    [limit] => 10
    [explicit] => 
    [total] => 1
    [has_more] => 
    [list] => Array
        (
            [0] => Array
                (
                    [id] => x7qjbst
                    [title] => Harta Karun dari Limbah Kayu
                    [owner] => x253sru
                    [duration] => 162
                    [owner.views_total] => 81223799
                    [views_total] => 24985
                )

        )

)
Harta Karun dari Limbah Kayu

Selasa 14 Jan 2020 21:04 WIB

Rep: Muhammad Rizki Triyana/ Red: Sadly Rachman

Harta Karun dari Limbah Kayu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebagian orang, barang bekas menjadi sebuah harta karun bila dapat diolah secara benar. Salah satunya memanfaatkan limbah kayu untuk dijadikan sebuah bisnis kreasi tangan.

Berawal dari kejenuhan yang dirasa saat melakoni usaha sebelumnya. Andi Permana memaksimalkan limbah kayu menjadi sebuah buah kreasi tangan untuk mencuri perhatian banyak orang dengan membuat seni ukir siluet karikatur wajah. Untuk membuat satu buah ukiran kayu, terlebih dahulu Andi membuat sketsa wajah menggunakan software tertentu. Kemudian, ia mengukir sisa-sisa limbah kayu tersebut.

Menurut Andi, limbah kayu sangat ekonomis dan mampu di daur ulang. Walau menggunakan bahan baku bahan bekas soal kwalitas Andi tidak mau bercanda. Ia selalu memilah kayu yang memiliki serat bagus untuk menjaga kualitas karyanya.

Dalam sehari, ia pun mampu menyelesaikan dua pesanan dari para pelanggan setianya. Untuk satu buah karya tanganya dibandrol dari harga 200-500 ribu tergantung dari ukuran pemesanan.

Tak main-main karyanya pun pernah berada di negeri tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Namun, tak hanya membuat siluet wajah, ia pun terkadang mendapatkan pesanan untuk membuat sebuah kaligrafi dengan menggunakan limbah kayu.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Videografer | Muhammad Rizki Triyana

Editor Naskah | Wisnu Aji Prasetiyo

Video Editor | Fakhtar Khairon Lubis