Kamis 30 Aug 2012 11:16 WIB

Sesak Nafas Setelah Minum Dingin, Tanda Jantung Lemah?

Red: Miftahul Falah
Jantung manusia
Foto: adnbilisim.com
Jantung manusia

Pertanyaan:

Dear dokter, apakah sesak nafas merupakan ciri-ciri penyakit jantung lemah? Anehnya, sesak nafasnya hanya akan terjadi apabila mengonsumsi minuman yang dingin. Jadi, bila saya konsumsi minuman dingin, nafas agak sesak (harus take deep breathing baru bisa bernafas dengan lancar). Selain itu, juga cepat merasa lelah, apa karena jarang olahraga dok? Kadang-kadang saya bawa mobil, dan tangan pun bisa keringatan. Thank you.

Mustadi, Depok - 34 tahun

Jawaban:

Hi Pak Mustadi, keluhan sesak nafas dan cepat lelah dapat disebabkan oleh adanya kelainan/ gangguan pada jantung. Biasanya dikarenakan oleh fungsi pompa jantung yang sudah menurun/ melemah. Oleh karena itu, dibutuhkan pemeriksaan lanjutan, yaitu pemeriksaan echocardiografi yang berguna untuk menilai fungsi dan anatomi jantung.

Terkait kondisi sesak nafas yang terjadi ketika konsumsi minuman dingin, hal ini disebabkan minuman dingin dapat mempersempit saluran nafas dan pembuluh darah. Sedangkan gejala mudah lemah serta tangan berkeringat, perlu dilakukan observasi lebih jauh.

Seperti diketahui, salah satu indikasi umum dari kondisi lemah jantung memang dapat diidentifikasi melalui kondisi sesak nafas, mudah lelah, dada berdebar dan berkeringat dingin. Namun, kondisi tersebut perlu dipastikan melalui pemeriksaan penunjang, serta dilakukan konsultasi melalui observasi oleh dokter spesialis Jantung Anda.

Demikian yang dapat disampaikan Pak Mustadi. Semoga bermanfaat. (AZ)

dr Abdullah Zaini, SpJP

Spesialis Jantung RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement