Selasa 24 Sep 2013 16:40 WIB

Roy Suryo Ingin Hentikan Naturalisasi Pemain

Red: Didi Purwadi
Roy Suryo
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Roy Suryo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, berniat mengurangi kehadiran pemain naturalisasi dalam timnas Indonesia.

Roy semakin yakin dengan niatnya tersebut setelah melihat Timnas U-19 Indonesia yang berhasil menjadi juara pada Kejuaraan Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) U-19 2013.

“Saya sejak awal mencoba mengurangi naturalisasi atau bahkan memberhentikan naturalisasi,'' kata Roy seperti dikutip Bolaindo.

''Kita lebih baik melatih ikan-ikan menjadi ahli semua daripada kolam itu kita masukan ikan ahli tetapi ikan yang lainnya tidak jadi ahli,” kata Roy.

Roy berpendapat pemain sepakbola Indonesia sama berbakatnya dengan pemain naturalisasi. Hanya diperlukan latihan yang lebih fokus lagi untuk memperkuat timnas.

Selain itu, Roy menilai pemain naturalisasi cenderung disibukkan dengan kegiatan di luar bidang sepak bola dibanding fokus berlatih.

“Naturalisasi itu hanya ngetop 1-2 tahun saja. Setelah itu, mereka jadi bintang iklan karena merasa sudah menjadi superstar,'' kata Roy. ''Kehadirannya tidak ada efeknya bagi teman-teman yang lain.”

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement