Rabu 25 Sep 2013 10:49 WIB

Cara Indra Sjafri Blusukan Mencari Pemain Muda

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Didi Purwadi
Indra Sjafri (tengah)
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Indra Sjafri (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri, blusukan mencari pemain guna membangun sebuah tim yang solid.

Hasilnya, skuat bentukan Indra Sjafri sukses merebut gelar juara Piala AFF U-19 2013 dengan mengalahkan Vietnam 7-6 dalam drama adu penalti di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Ahad (22/9).

''Modelnya ada dua,'' kata Indra ketika ditanya 'seperti apa metode blusukannya' dalam sebuah wawancara eksklusif dengan wartawan Republika Online, Satria Kartika Yudha.

Model pertama yakni mengunjungi daerah-daerah bersama para pemain timnas untuk melakukan uji coba dengan tim lokal. Model ini bertujuan untuk membandingkan pemain yang sudah ada dengan pemain yang akan diseleksi.

''Tujuan lainnya juga untuk memberikan pengalaman kepada para pemain yang sudah terpilih,'' katanya.

Indra bersama timnas sempat mengunjungi Yogyakarta, Ngawi, Pasuruan dan sekitarnya. Kunjungan ini cukup melelahkan karena ditempuh lewat perjalanan darat.

''Model kedua adalah saya berangkat sendiri,'' katanya. ''Sebab, kalau selalu dengan metode pertama, biaya akan membengkak. Jadi, disini saya melihat para pemain yang sedang mengikuti pertandingan lokal.''

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement