Selasa 22 Sep 2015 08:42 WIB

H M Nasik Berjualan Kambing Sepanjang Tahun

Red: Irwan Kelana
H M Nasik memberikan pakan kepada kambing peliharaannya. Ia sudah 45 tahun berjualan kambing dan domba.
Foto: Irwan Kelana/Republika
H M Nasik memberikan pakan kepada kambing peliharaannya. Ia sudah 45 tahun berjualan kambing dan domba.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sudah 45 tahun H M Nasik (75 tahun) berjualan kambing dan domba di daerah Sawangan Lama, Kecamatan Sawangan, Depok, Jawa Barat.Lelaki asli Betawi itu berjualan kambing sejak usia 30 tahun.

Berbeda dengan para pedagang musiman yang hanya berjualan hewan untuk keperluan kurban, Nasik berjualan kambing dan domba sepanjang tahun. “Saya berjualan kambing dan domba sepanjang tahun.  Setiap hari saya selalu menyiapkan stok sekitar 20-30 ekor,” ungkapnya, Senin (21/9).

Para pelanggan Nasik datang tidak hanya dari Depok, tapi juga Parung, Bogor, Jakarta, hingga Tangerang. Mereka  membeli kambing atau domba bukan hanya untuk keperluan kurban. “Yang utama, saya menyiapkan kambing untuk keperluan akikah. Pembeli bisa membeli hewan hidup, atau menerima yang sudah dimasaka sate, semur, gulai dan sop,” tuturnya.

Selain itu, banyak pula pembelinya adalah pedagang sate, ataupun  orang-orang tertentu yang memerlukan daging kambing untuk pesta perkawinan dan lain-lain.  “Jadi, bagi saya, Idul Adha merupakan momentum tambahan dalam berjualan kambing dan domba. Sebab, saya memang berjualan hewan tersebut setiap hari,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement